"Negative Thinking"


Sebuah Pabrik di Simpang Bedukang Kab. Bangka (2011)
Negative thinking, diartikan sebagai pikiran negatif. Apa yang dipikirkan seseorang itu memiliki nilai-nilai yang negatif, baik maksudnya maupun tujuannya. Negative thinking dari seseorang dapat dipahami oleh orang lain, bila sudah diungkapkan entah itu melalui verbal ataupun melalui non verbal.

Negative thinking pun rupanya ada dipikiran seorang nabi, namanya Yehezkiel (bdk. Yeh. 2: 2 – 5). Ketika ia diutus oleh Allah untuk mewartakan Sabda Allah kepada umat Israel, Yehezkiel sendiri menolak. Dia menolak karena negative thinking terhadap umat Israel. Bahwa Israel sendiri adalah bangsa pemberontak.

Karena itu, ia takut bila diutus Allah ke Israel. Tetapi, Allah tetap meyakinkan Yehezkiel agar tugas perutusan itu dilaksanakan. Allah meyakinkannya bahwa misi tetap dijalankan, tidak bisa tidak. Walaupun umat Israel dengan situasi semacam itu. Soal Israel, yang pemberontak itu mendengar Sabda Allah atau tidak, itu bukan urusan Yehezkiel.

Brisur ancaman menjelang Pilgub Babel 2007
Negative thinking juga ada didalam diri rasul Paulus (2Kor. 12: 7 – 10). Paulus merasa bahwa apa yang dipikirkan secara negatif itu, merupakan ”beban dalam karya perutusan”. Karena itu, dia meminta kepada Kristus agar diambil dari dirinya sehingga ia mewartakan Sabda Allah dengan lebih tenang.

Negative thinking juga adalah dalam diri umat Nazareth yang sedang mendengarkan pewartaan Yesus. Mereka bukan mengagumkan kehebatan Yesus, tetapi berpikir negatif terhadap latar belakang Yesus.

Negative thinking, sering ada dan berakar dalam diri umat katolik. Sehingga terkadang muncul ketakutan, kecemasan dan kecut terhadap keputusan/hambatan yang dihadapi dalam hidup. Apalagi dalam hubungan dengan hidup sebagai anggota gereja. Banyak orang takut, cemas, dan malu menjalankan tugas perutusan Kristus. Seperti Yehezkiel dan Paulus, kita pun hendaknya semakin dekat dengan Kristus agar terus menerus dimotivasi Kristus untuk hidup dalam ”Positive thinking.” ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik