Review Nonton Film ‘Pesan dari Samudera’



(sebuah sharing pribadi)

1.        Pengantar Singkat:
Saya tidak ingat lagi kapan tanggalnya Metrotv menayangkan ‘Film Pesan Dari Samudra’. Tapi, saya hanya ingat bahwa waktu itu ditayangkan pada bulan Desember 2013. ‘Film Pesan Dari Samudra’ produser Miles Films saya tertarik menontonnya dilatarbelakangi oleh dua hal.

diambil dari film 'Pesan Dari Samudra'
Pertama, film Pesan Dari Samudra dibuat atau disutting di Desa Sinar Hading Kawaliwu, khususnya di ‘Tada Tu.’ Saya merasa bangga karena Kawaliwu menjadi tempat disuttingnya film ini. Latarbelakang saya pertama ini, terasa sedikit ‘egoisme’. Mengapa? Karena, film-film yang selama ini saya nonton hampir tidak ada yang disutting di Kawaliwu, masa film baru ini, dengan tempat Kawaliwu, saya tidak mempunyai waktu untuk menonton? Kan rasanya aneh sekali.

Kedua, produser film ini Ibu Mira Lesmana, orangnya terkenal dan berkelas tinggi. Produser yang sama juga pernah menyuting ‘Laskar Pelangi’ di Gantong Manggar Kabupaten Belitung Timur, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kedua latarbelakang inilah yang sungguh-sungguh mendorong saya untuk menonton bahkan karena merasa belum menangkap isi dan makna dari film ini, saya berusaha untuk mendapatkan film ini.

2.        Menganalisa Karakter Pelaku dan Relevansi Maknanya:
Saya membuat analisis para pelaku dalam film ini hanya sebatas pelaku terkenal dan pelaku tambahan. Dalam pelaku tambahan ini, saya memberikan catatan khusus untuk warga saya dari Kawaliwu.

Pertama, Samudra dengan nama Bintang Panglima. Samudra adalah anak-anak yang masih berpendidikan Sekolah Dasar (SD). Samudra mempunyai bapak namanya Sakti yang diperankan oleh Lukman Sardi dan ibunya Nara dengan nama aslinya Putri Ayudyn. Samudra tinggal di kota besar (Jakarta) dengan pola hidup yang berkecukupan. Samudra memiliki rumah yang mewah, hp, tv, kamar mandi, wc, dan tempat tidur yang bagus, dan lain-lain. Dari sisi ekonomi, boleh dibilang Samudra hidup berkecukupan. Dalam hidup yang berkecukupan dan hidup di kota besar seperti Jakarta, tentu semua orang, khususnya orang Kawaliwu merasa bahwa ‘Samudra orang kaya’, apalagi ketika pergi ke tempat yang jauh harus menumpang dengan ‘burung besi’.

Ekspresi wajah Samudra yang disampaikan kepada publik (umum) dalam film itu, ternyata hati-jiwanya tidak merasa bahagia. Ketidakbahagiaan Samudra, saya melihat ada dua hal pokok. Pertama, kedua orangtuanya begitu sibuk bekerja dan bekerja, tetapi lalai dalam perhatian batin kepada Samudra. Sakti, bapaknya begitu sibuk kerja di kantor, pertemuan dimana-mana ada waktu, tetapi ketika waktunya mengambil buku raport Samudra, muncul banyak alasan. Begitu juga dengan Nara, ibu Samudra, seorang dokter yang ditugaskan di Lawaloba, (aslinya: Kawaliwu) sebuah wilayah Timur Indonesia yang tidak bernama, dan jauh dari peradaban modern. Kesibukan dalam bekerja mencari nafkah ditempat yang terpencil, ternyata relasi-komunikasi dalam keluarga terganggu. Ancamannya ialah ‘perkawinan menjadi retak’ bisa-bisa cerai. Sampai disini sudah sangat jelas bahwa sibuk bekerja walaupun dunia sekarang sangat canggih (hp, tv, pesawat terbang), tetapi yang menjadi korban ialah ‘karaktek Samudra’. Kenyamanan-keamanan jiwa-raga Samudra, terganggu melihat ‘kesibukan kedua orangtuanya’.

Karena itu, Samudra termasuk anak yang hebat pada usia itu. Dia nekad untuk pergi mengunjungi keluarganya: opa dan oma dan lebih khusus lagi, ibunya Nara. Mana bisa anak Kawaliwu, atau sekurang-kurangnya anak-anak seumur SD seperti Samudra berani untuk pergi jauh dari bapaknya di Jakarta dan pergi mengunjungi ibunya yang begitu jauh di Lawaloba? Ternyata, kenekadan Samudra membuahkan hasil yang cemerlang. Samudra membawa pesan yang jelas. Menyatukan hati kedua orangtuanya, yang dirindukan selama ini oleh Samudra. Membangun kembali relasi baik dengan orang-orang pertalian keluarganya yang selama ini hilang (opa Hali dan Oma Hana, Thomas, dll).

Kedua, Nara dengan nama asli: Putri Ayudyn. Nara, berperan sebagai seorang dokter. Dokter yang ditempatkan di Lawaloba, sebuah desa terpencil. Karakter Nara, ditampilkan secara jelas: seorang pelayan untuk semua orang sakit, pemberani: mengambil keputusan untuk siap diutus ke Lawaloba dan meninggalkan kota metropolitan seperti Jakarta. Mana mau dokter hidup susah kalau ditempatkan di daerah seperti Lawaloba?

Disinilah Nara mengubah sebuah image kepada publik bahwa seorang dokter siap melayani kapan, dimana, dan bagaimanapun bahkan mengorbankan keluarganya. Bagi kita, masyarakat Kawaliwu atau masyarakat lain, kalau sudah menjadi dokter itu hidup senang. Ternyata, dokter yang ditampilkan dalam diri Nara, benar-benar seorang dokter yang sangat nasionalis, memiliki kepedulian dan perhatian kepada masyarakat yang tidak mampu yang berada di daerah-daerah yang susah. Walau Nara bekerja di tempat yang terpencil, Nara masih mampu membangun relasi dengan suaminya dan anaknya.

Dalam membangun relasi ini, ternyata ada link yang tak terpuaskan. Baginya, suaminya yang hidup dekat dengan anaknya, paling kurang bisa menjawabi keinginan anaknya yaitu datang ke sekolah dan mengambil raportnya.

Ekspresi Nara, sangat jelas. Hatinya untuk keluarga: suami dan anaknya di Jakarta, tetapi hatinya juga untuk pelayanan kepada orang-orang sakit di desa Lawaloba. Bagaimana kemampuan Nara membagi hatinya dalam karya pelayanan itulah yang patut kita simak dan refleksikan lebih jauh lagi. Disinilah unsur pengorbanan dan sukarela. Bukan suka saja tetapi tidak ada kerelaan, bukan juga hanya ada kerelaan tanpa rasa suka. Namun, sukarela adalah kata aktif yang penuh pengorbanan yang ditampilkan oleh Nara.

Ketiga, Sakti yang diperankan oleh Lukman Sardi. Dalam perannya, Sakti adalah seorang bapak rumah tangga. Dia rajin dan tekun dalam kerja. Dia begitu sibuk dalam mencari nafkah untuk keluarganya. Inilah tanggungjawab yang diembankan oleh Sakti. Hemat saya, ini hal yang wajar sekali. Dalam bekerja, ternyata merupakan suatu hal yang tidak mudah. Kerja yang bagus seperti Sakti yang ada di kantor ternyata memiliki banyak kesulitan. Kesulitan itu dapat kita temukan dalam relasi antar rekan sekantor seakan tidak nyambung, sehingga urusan-urusan yang bisa ditangani oleh rekan sekantor tidak dijalankan malahan menyita lagi waktu Sakti.

Kesulitan lain yang dialami Sakti adalah kemacetan kota Jakarta. Hiruk pikuk sebuah kota besar, ternyata membutuhkan waktu yang banyak, karena itu rencana dan proses kerja menjadi terlambat. Konsekuensi dari kesibukan, relasi Sakti dengan Nara menjadi renggang. Bahkan dengan Samudra, anak mereka sekali pun.

Samudra menjadi korban secara psikologis, dan puncaknya ketika Sakti tidak dapat hadir dalam penerimaan raport anaknya, Samudra. Mungkin tidak hanya ini, namun ketika Sakti dengan rela meiyakan Samudra pergi mengunjungi ibunya di Lawaloba dengan menumpang ‘burung besi’ sendirian. Padahal, Samudra begitu memiliki kerinduan besar akan kehadiran kedua atau salah satu orangtuanya untuk hadir dalam penerimaan raport sekolah dan sekaligu mendampingi perjalanan yang begitu jauh menuju Lawaloba.

Belajar dari peran Sakti dalam film ‘Pesan Dari Samudra’, kehebatan Sakti sangat nampak pada keputusannya untuk menyusul Samudra, setelah mendengar berita di layar kaca bahwa ada ‘gempa bumi’ yang menimpa Pulau Flores. Disini kita dapat mengetahui bahwa seluruh hidup dan perjuangan dalam kerja Sakti berujung pada ‘Samudra’. Sakti, tidak mau Samudra, mengalami kesulitan. Sakti tidak mau Samudra ditimpah bencana apapun termasuk gempa bumi.

Dalam pikiran dan hati Sakti, Samudra jauh lebih penting dan berarti bagi hidupnya. Karena itu, Sakti bisa meninggalkan segala pekerjaan dan kesibukan hiruk pikuk kota Jakarta, untuk menyusul Samudra, anaknya. Dalam dalam sebuah makna peran yang tersembunyi oleh pencerita Mira Lesmana dan Riri Riza yang ditulis dalam skenario oleh Prima Rusdi disana muncul martabat sebuah perkawinan yaitu ‘rekonsiliasi relasi antara Sakti dan Nara’ yang disaksikan oleh Samudra sendiri dan secara publik disaksi oleh peran-peran lain seperti Opa dan Oma, Taufik, Thomas dan warga masyarakat Lawaloba.

Keempat, Opa Hali dan Oma Hana. Peran opa Hali oleh ‘Andi Bersama’ dan peran oma Hana oleh ‘Jajang C. Noor’. Secara sepintas dilihat, saya menemukan bahwa opa Hali dan oma Hana pernah hidup di kota Jakarta. Opa Hali, peran dengan memiliki karakter khas orang Lawaloba yaitu keras dalam prinsip dan tegas dalam berbicara, serta memiliki daya juang dalam proses memperjuangkan hidupnya. Karakter opa Hali sangat terlihat lebih jelas dalam persoalan warisan yang namanya ‘tanah’. Disinilah opa Hali membuka wawasan masyarakat Lawaloba tentang ‘tanah’. Dalam persoalan tentang ‘tanah’ opa Hali seakan menyelidiki ‘tanah’ di Lawaloba, apakah sudah memuliki ‘surat tanah’ ataukah hanya sebagai peninggalan leluhur-nenek moyang Lawaloba.

Saya menemukan bahwa kontroversi cara berpikir opa Hali yang sudah lama tinggal di Jakarta dengan masyarakat Lawaloba soal tanah. Disatu pihak opa Hali mendukung ‘tanah’ warisan Lawaloba sebagai peninggalan nenek moyang namun disisi lain, opa Hali mau mengatakan bahwa ke depan ketika arus modernisasi yang kian meluas ini, persoalan tanah di Lawaloba tidak mudah dalam urusannya. Karena itu, sikap menutup diri dengan ‘menutup’ jalan setapak merupakan suatu sikap tidak toleransi kepada semua orang yang akan menggunakan jalan setapak tersebut.

Disisi yang lain, masyarakat Lawaloba yang mengambil sikap menutup jalan setapak dengan alasan ‘kehilangan tanaman’ yang ada adalah sebuah sikap baru, yang tidak biasa dilakukan oleh masyarakat Lawaloba yang pola berpikirnya sangat toleransi dengan sesama. Disinilah, makna kesosialan masyarakat Lawaloba yang selama ini hidup sebagai sebuah budaya, terasa mulai sirna. Masyarakat Lawaloba sekarang seakan-akan ‘telah menanam budaya baru’ dalam masyarakatnya yang dulunya sangat menjunjungi tinggi makna persaudaraan dan kekeluargaan.

Jika persoalan ‘tanah’ di Lawaloba tidak dipikirkan dengan baik dengan mengambil sikap: mau membuat surat tanah atau tetap mempertahankan hukum adat atas tanah itu. Bagaimana ‘tanah’ di Lawaloba diurus secara tertulis supaya ada bukti hitam diatas putih? Apakah dengan adanya sertifikat tanah di Lawaloba, hukum adat atas tanah menjadi tidak berlaku lagi? Inilah yang perlu dipahami dengan baik dan secermat mungkin. Atas persoalan ini, bagi saya sebagai warga ‘Lawaloba’, hukum adat atas tanah, sangat berguna dan kapan saja tetap berlaku. Hukum adat atas tanah, bisa melumpuhkan hukum baru dengan kepemilikan tanah yang bersertifikat.

Oma Hana jelas memiliki perannya dalam film ‘Pesan Dari Samudra’. Pesan adalah oma Hana berjiwa Jawa namun ia dengan logat khas Lawaloba. Oma Hana adalah seorang nenek, yang memiliki karakter sebagai seorang ibu rumah tangga tulen. Di rumah ia memasuk. Di rumah ia membentuk kelompok karya ‘menenun’. Menenun adalah sebuah karya warisan nenek moyang yang bernilai kemanusiaan manusia. Menenun dulu sangat digemari oleh ibu-ibu. Menenun, zaman sekarang jarang dilakukan ibu-ibu modern. Mereka berpikir, sudah tidak zaman lagi untuk menenun. Karena itu, di kebun tidak perlu lagi menanam kapas. Dua korelasi karya nenek moyang yang memiliki tautan yang erat sekali, dalam aktifitas yang sudah membudaya yaitu menenun. Didalam peran ini, oma Hana mau menunjukkan kepada masyarakat Lawaloba bahwa ‘menenun’ masih relevan dan berguna. Masih relevan karena aktifitas ini dilakukan oleh ibu-ibu sebagai sebuah pengungkapan karya seni dan sekaligus mengungkapkan karakter dasar ibu dalam tata budaya masyarakat Lawaloba.

Nilai yang lebih jauh adalah termaktub pembagian peran dalam masyarakat Lawaloba manakala laki-laki pergi bekerja di kebun. Dikatakan berguna dalam menenun adalah dulu menenun dilakukan dalam keluarga dan diperuntukan bagi anggota keluarga. Oma Hana menunjukkan bahwa ‘menenun’ memiliki nilai guna disana yaitu mendatangkan ekonomi rumah tangga. Mendatangkan ekonomi rumah tangga disini dikerjakan secara kelompok. Maka dikenal ada kelompok menenun ibu-ibu.

Kelima, Thomas yang dilakon oleh Bardi Diaz. Posisi Thomas dalam peran ini begitu aktif. Aktif Thomas sama dengan opa Hali. Maka boleh saya katakan disini, dimana ada opa Hali, disitu ada Thomas. Thomas dalam peran ini sangat penting sekali. Ia seperti terlihat menjaga opa Hali disatu sisi. Namun disisi ini, hemat saya, Thomas menunjukkan karakter sebagai anak kecil dan cucu yang mau mengikuti opanya. Dalam hal ini, saya mau katakan bahwa Thomas mengikuti opanya untuk belajar bagaimana hidup secara sosial sebagai masyarakat. Disana, Thomas berguru soal budaya, sosial, dan tutur berbahasa pada opa Hali.

Karakter Thomas yang ditampilkan ini, bagi saya kini tergerus juga dari situasi masyarakat Lawaloba. Disatu sisi, dalam film itu, kita tidak pernah tahu siapa orangtua Thomas. Saya melihat orangtua Thomas tidak muncul karena pergi merantau. Karena pergi merantau maka Thomas tinggal dengan opanya. Thomas dididik oleh opanya. Selain dididik, opa Hali juga memiliki peran-pengganti orangtua Thomas untuk menumbuhkembangkan Thomas.

Disini, ada sebuah kritikan besar terhadap ‘budaya baru’ dalam masyarakat Lawaloba. Ada banyak orangtua yang pergi merantau mencari uang untuk keluarganya. Namun, orangtua melupakan pendidikan terhadap anaknya. Orangtua merasa bahwa anaknya sudah cukup hidup dan dididik oleh opa dan omanya atau pun keluarga besarnya. Orangtuanya cukup mengirimkan uang untuk menyekolahkan atau menghidupkan anaknya. Disinilah pula, kita salah kaprah dalam memahami ‘pola pendidikan’.

Masyarakat Lawaloba berpikir bahwa pendidikan untuk anak itu tanggungjawab para guru dan sekolah. Lupa akan pendidikan dalam keluarga. Pendidikan yang paling pertama dan utama adalah terjadi didalam keluarga. Hal ini tidak terjadi karena seakan pendidikan untuk perkembangan anak didelegasikan kepada siapapun termasuk: opa, oma, guru dan anggota keluarga besar. Film ‘Pesan Dari Samudra’, jelas memberikan makna ini, supaya mata dan hati para orangtua terbuka untuk melihat dan berproses dalam ‘pendidikan karakter’ anak, tunas muda masyarakat Lawaloba. Pendidikan anak tidak bisa diwakili atau didelegasikan kepada siapapun. Hal ini dengan maksud, anak dapat mengenal orangtuanya. Jangan sampai orangtua anak kaget ketika pulang dari merantau, anaknya menyapa orangtuanya dengan ‘opu-bine’, ‘mama-tia’, dan lain-lain. Sangat berbahaya sekali!

Keenam, masyarakat Lawaloba. Lawaloba adalah sebuah nama baru, yang hemat saya tidak ada sama sekali ada hubungan dengan tempat aslinya desa Sinar Hading atau Kampung Kawaliwu-Igo Rian Sina. Nama ini adalah nama rekaan dalam film tersebut. Saya tidak tahu alasan mengapa produser memilih nama ini. Bagi saya, nama Lawaloba, saya tidak keberatan, nama itu hak produser dan penulis naskah film ‘Pesan Dari Samudra’. Yang saya mau katakan disini ialah ‘masyarakat Lawaloba’nya.

Gotong Royong Masyarakat Kawaliwu Merehab KOKO
Masyarakat Lawaloba adalah masyarakat yang rawan bencana. Karena wilayahnya berada pada lempeng luar garis gempa tektonik di Indonesia. Saya mencatat bahwa di Lawaloba ini sering terjadi banjir bandan dan tsunami yang besar pada 12 Desember 1992. Kalau sebelumnya gelombang laut yang tinggi tetapi tidak setinggi waktu tsunami 92. Sering angin kencang tetapi paling kurang tidak mematikan masyarakatnya, mungkin hanya merusak tanaman di kebun dan pohon-pohon perdagangan yang ditanam masyarakat.

Dengan situasi gempa dan tsunami 92, ada babak baru dalam masyarakat Lawaloba. Babak barunya apa? Saya mencatat ada tiga hal dasar. Pertama, pembangunan baru infrastruktur bangunan umum dan bangun rumah-rumah pribadi masyarakat. Kedua, struktur masyarakat lama terpecah dari tradisional-kolektif, menjadi ‘post tradisional-personal’.  Istilah ini sebuah istilah yang saya sebut secara pribadi. Ketiga, titik balik urban-perantauan yang besar.

Gempa bumi dan tsunami 92 mengisahkan banyak persoalan dalam kalangan masyarakat Lawaloba. Pertama, pembangunan infrastruktur. Infrastruktur rusak dan hancur seperti gedung balai desa, gereja, sekolah, sumur air minum, pasar, dan jalan, walaupun waktu itu jalan masih belum aspal. Dan rusak paling parah adalah rumah-rumah masyarakat. Nampak bahwa setelah gempa dan tsunami, masyarakat Lawaloba bisa menikmati jalan aspal. Selain jalan aspal, juga dibangun pasar (walau butuh waktu yang lama), balai desa baru, dan bantuan rumah murah. Dan perlahan-lahan masyarakat Lawaloba yang rata-rata beragama Katolik mulai membangun gereja, sekolah SD ditambah sekarang ada TK dan PAUD, dan sampai dengan sekarang menjadi pusat kecamatan Lewolema-kantor camat, puskesmas, jaringan telekom, dan lain-lain.

Sejalan dengan perkembangan Lawaloba setelah gempa dan tsunami, pola berpikir masyarakat pun berubah. Entah sadar atau tidak, mulai beralih dari tradisional-kolektif menjadi ‘post tradisional-persona’. Arah perubahan ini menjadi ‘kurang jelas.’ Disini ada dua arus yang cukup membawa perubahan yang besar. Pertama, pendidikan. Banyak para pelajar muncul. Dan konsekuensinya banyak juga para pelajar yang setelah tamat sekolah atau kuliah menetap di Lawaloba. Integrasi pola berpikir disini, saya melihat sebagai sebuah ‘perubahan’. Mengapa? Disatu sisi, para pelajar hidup dengan perjuangan yang sangat besar (cita-cita tinggi yang tak terungkapkan) supaya apa yang diperoleh selama sekolah dapat diterapkan dalam masyarakat, tetapi disini lain, mereka ini memiliki kesulitan, semacam ‘utopiah’. Sedangkan disisi lain, kedua, masyarakat Lawaloba dengan pendidikan terbatas sekolah dasar dan buta aksara atau melalui belajar informal dengan jalur perantauan dan menonton di tv, pun ikut perubah namun ‘rasanya lamban’. Perubahan-perubahan inilah akan mengikis pola berpikir baru-belum memiliki arah jelas dalam sebuah masyarakat yang perlahan-lahan bergeser dari masyarakat tradisional agraria-kolektifis ke arah ‘beradaban baru’ tanpa arah yang jelas.

Dengan latarbelakang masyarakat Lawaloba demikian, film ‘Pesan Dari Samudra’ memberikan beberapa catatan kritis bagi masyarakat ini. Pertama, soal keberadaan status tanah di Lawaloba. Tetap berlaku hukum adat atau beralih ke hukum positif yang ditutuntut harus disertifikatkan. Kedua, keluarga. Banyak terjadi urbanisasi keluar daerah untuk merantau khususnya ke Malaysia. Akibatnya, orangtua kurang mempunyai waktu untuk proses pendidikan anak atau kalau adapun pendidikan hanya dipikirkan atau diurus oleh seorang ibu rumah tangga. Ketiga, akibat arus perantauan yang besar itu, akan membawa efek masuk ke dalam Lawaloba yang cukup dahsyat, seperti cara berpikir, pola pandang terhadap tanah dan pekerjaan bertani, pergaulan hidup, mentalitas merasa tidak betah di Lawaloba, dan lain-lain.

3.        Keuntungan Bagi Masyarakat ‘Lawaloba’ Tentang Film Pesan Dari Samudra
Bagi saya secara pribadi, dengan dibuatnya film ‘Pesan Dari Samudra’ dan kemudian diputarkan di metrotv, saya melihat ada beberapa keuntungan baik untuk saya secara pribadi maupun untuk masyarakat Lawaloba sendiri. Pesan Dari Samudra juga bukan hanya ditujukan untuk masyarakat Lawaloba tetapi juga untuk masyarakat Indonesia yang berada pada garis lempeng luar rawan gempa dan tsunami.

Ibu-Ibu Kawaliwu memanen padi di Kebun Wai Pleme
Bagi masyarakat Lawaloba, film Pesan Dari Samudra memiliki keuntungan sebagai berikut. (a). Mempromosikan situasi kampung Lawaloba seperti soal kultur tanah dan masih mempunyai sistem hukum adat nenek moyang yang kuat. Selain itu, mempromosikan tanaman perdagangan dari masyarakat ini seperti pohon lontar, jambu mente, dan lain-lain. Juga mempromosikan sarana prasarana seperti pasar, puskesmas, dan lain-lain yang masih terbatas, dengan itu pemerintah tergerak hati untuk memulai pembangunan bangsa ini dengan sungguh-sungguh dari wilayah Indonesia Timur. (b). Mempromosikan tempat sutting film Pesan Dari Samudra, secara khusus ‘Tadatu’. Bagi masyarakay Lawaloba ‘Tadatu’ memiliki kisah dan sejarah hidup masyarakat yang tinggi, yang sering disebut oleh tua-tua ‘Se-Ma’. Siapa tahu, pada suatu waktu jika ada yang bisa menulis kisah dan cerita ‘Tadatu’ dapat mengundang lagi Mira Lesmana dan Riri Riza menjadi produser film tentang ‘Pesan Dari Tadatu’. (c). Mempromosikan pantai Lawaloba untuk menjadi ajang destinasi baru di wilayah Kabupaten Flores Timur. Bahkan bukan hanya pantai dengan pasir hitam yang bersih, sunset di sore hari tetapi juga kultur budaya seperti: rumah adat dan tarian, lodoana, tenun ikat, upacara-uacara adat, dan karya-karya seni daerah yang dikemas secara kreatif yang dimiliki masyarakat Lawaloba. (d). Menyadarkan masyarakat Lawaloba untuk menantisipasi jika terjadi gempa bumi dan tsunami di masa depan. Dengan itu, hal utama yang dituntut adalah warga masyarakat menghargai dan mencintai lingkungan hidup dengan menanam sebanyak mungkin pohon dan bakau di pesisir pantai.

Pantai Wai Kerewak Kawaliwu: destinasi Pantai Pesisir
Selain masyarakat Lawaloba mendapat keuntungan secara tidak langsung, juga bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia, saya menemukan keuntungan berikut ini. Pertama, pulau-pulau di Indonesia berada pada garis lempeng gempa bumi dan tsunami. Dengan film ini, masyarakat Indonesia dapat mengantisipasi dan mencegah sebulum terjadinya gempa bumi dan tsunami. Kedua, membantu pihak pemerintah pusat dan daerah serta instansi terkait untuk memperhatikan wilayah Indonesia Timur dalam hal pembangunan baik secara fisik maupun secara mental-psikis. Dalam hal ini sarana prasaran pembangun jalan raya, puskesmas, rumah sakit, dan persediaan banyak dokter untuk melayani masyarakat di wilayah yang sulit dijangkau. Ketiga, menjaga stabilitas harga komoditi tanaman perdagangan khususnya kacang jambu mente. Pemerintah daerah dan pusat memikirkan pembangunan pabrik jambu mente yang berada didekat wilayah Ranatua-Larantuka atau kota-kota yang terdekat yang bisa dijangkau oleh masyarakat.

Keuntungan bagi saya secara pribadi adalah saya bangga akan penyutingan film Pesan Dari Samudra yang dilaksanakan di Lawaloba. Saya bangga karena Lawaloba yang jauh di Timur menjadi terbuka bagi banyak masyarakat lain yang menyaksikan film tersebut. Masyarakat lain tahu bahwa di wilayah Timur hidup apa adanya dan benar-benar ‘selaras alam’. Saya bangga karena dengan pembuatan film ini, masyarakat lain pun tahu tentang situasi masyarakat, adat istiadat, fisik saran prasaran dengan demikian tergerak hati untuk membangun wilayah Indonesia ini dengan lebih utuh.

4.        Penutup
Sebagai akhir dari tulisan saya yang belum sempurna ini, dari lubuk hati saya yang paling dalam, saya memohon maaf atas beberapa catatan yang saya berikan dalam tulisan saya ini. Mungkin saja, catatan-catatan yang saya ajukan ini tidak sejalan dengan cara masing-masing kita melihat, menonton, dan membuat analisa atas film Pesan Dari Samudra’ ini.

Lebih dalam dari itu, saya pun tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur pembuatan film ini, sehingga film ini sukses disutting dan ditayangkan di layar Metrotv, walaupun hanya tiga bulan saja pembuatan film ini.

Juga tidak lupa, saya mengucapkan terima kasih kepada para pelaku-peran dalam film ini. Saya bangga karena karakter pelaku sungguh dapat terbaca dengan jelas. Logat bahasa dalam bertutur benar-benar cocok untuk orang-orang dari Timur.

Saya pun tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada crew-crew pembuatan film ini, penata rias, sinemotografi, penulis skenario, pencerita, dan produser: Mira Lesmana dan Riri Riza.

Sebagai akhir dari tulisan ini, saya berpesan untuk para pemeran dan crew-crew film ini, kapan-kapan bisa berjalan lagi ke Lawaloba, bisa berjumpa dengan masyarakat di sana. Mudah-mudahan ke depan, lokasi-lokasi penyutingan film ‘Pesan Dari Samudra’ akan menjadi sebuah medan destinasi perfilman Indonesia, sehingga medan-medan itu terawat dan terjaga seperti ‘lokasi-lokasi pembuatan film “Laskar pelangi’ dari Belitung.***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik