Menyiapkan Katekumen Menjadi Anggota Gereja yang Handal



Asli bukunya dapat dilihat

Buku ini ditulis oleh Mgr. Oswald Hirmer, seorang Uskup di Afrika Selatan. Data tentang Mgr. Oswald Hirmer dapat dibaca didalam: http://en.wikipedia.org/wiki/Oswald_Georg_Hirmer. Buku ini diperuntukan bagi calon anggota baru dalam Gereja Katolik, yang sering kita sebut ‘Katekumen’. Didalam buku ini berisi bahan-bahan pertemuan untuk katekumen dengan jarak waktu yang cukup lama. Bahan pertemuan sebanyak 47 kali pertemuan dan ditambah dengan beberapa bahan pertemuan mistagogi. Dari keseluruhan isi buku yang ditulis Oswald Hirmer di Afrika Selatan sebagai bahan pertemuan untuk Lumko, sebuah institut misiologi dan kebudayaan Gereja di Afrika Selatan.

Buku yang dalam bahasa Inggris dengan judul ‘Our Journey Together’ – Catechetical Sessions For Christian Initiation Of Adults’ kemudian diadaptasi oleh Team Singapore Pastoral Institute Catechetical Office, antara lain: Wendys Louis (eds), Josephine Leow, dan Doris Woon, yang diilustrasi oleh Rev. Joseph Cyril Reutens.


Contoh 'code' pada pertemuan ke-11: Air Pembebasan
Menarik dari buku ini adalah bahan-bahan yang disampaikan sangat simpel, jelas, dan singkat. Karena itu, para fasilitator atau pengajar yang menyiapkan para calon anggota Gereja baru, membutuhkan waktu yang singkat untuk membaca dan mudah dipahami bahannya. Metode dari pertemuan ini pun sangat simpel, yaitu lebih banyak para fasilitator atau pengajar menggali kedalaman materi-materi yang ada didalamnya melalui ‘code’ dan pertanyaan singkat, padat, dan pendek. Metode yang disungguhkan dalam buku ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Our Life (Kehidupan Kita), God’s Word (Sabda Tuhan), dan A step forward on our way (selangkah maju dijalan kita). Dan lebih menarik lagi, setiap langkah ini selalu disertai dengan gambar-gambar atau cerita-cerita singkat yang disebut ‘code’.

RD. Frans Mukin, penerjemah 'Perjalanan Kita Bersama'
Pada tahun 2005, buku ini sudah dikerjakan oleh RD. Frans Mukin dan mendapat sambutan yang sangat bagus oleh RD. FX. Hendrawinata, vikjen Keuskupan Pangkalpinang pada tanggal 10 Januari 2005. Dengan demikian, menurut hemat saya, para fasilitator atau pengajar yang setia menyiapkan para calon anggota Gereja baru, dapat memakainya dengan melalui tahap demi tahap yang tercantum didalam buku tersebut. Sehingga para katekumen pun setia mengikuti proses untuk menjadi anggota Gereja baru yang setia juga dalam menumbuhkan imannya akan Kristus yang bangkit.

Akhir kata, semoga buku yang diberi judul oleh RD. Frans Mukin (penerjemah) ‘Perjalanan Kita Bersama – Pendewasaan Awal Seorang Kristiani’ menjadi referensi untuk keuskupan kita. Hal ini diharapkan oleh kita semua, karena didalam buku ini menampilkan metode-metode AsIPA (Asian Integral Pastoral Approach) yang akan diketahui oleh katekumen sedini mungkin untuk nantinya menjadi anggota Komunitas Basis Gerejawi yang kini menjadi fokus dan lokus Keuskupan Pangkalpinang. **al**

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik