Pernyataan Terakhir Sidang Umum VII AsIPA di Bangkok Thailand



SIDANG UMUM VII AsIPA
"PERGILAH, AKU SELALU MENYERTAI KALIAN’
(Mat. 28: 19-20)

KBG  HIDUP DENGAN ORANG YANG BERBEDA IMAN DAN KEYAKINAN
Kamis, 22 - Rabu, 28 Oktober 2015 Baan Phu Waan - Pusat Pelatihan Pastoral,
Keuskupan Agung Bangkok, Thailand

PERNYATAAN FINAL

PENDAHULUAN
1.     Sebanyak 118 peserta yang hadir dalam Sidang Umum AsIPA VII. Ke-118 peserta itu terdiri dari: 34 awam, 14 religius, 57 imam, dan 13 uskup; yang berasal dari 15 negara (Bangladesh, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Myanmar, Pakistan, Filipina, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Vietnam , Afrika / SECAM-Ghana, dan Jerman). Mereka datang bersama-sama di Baan Phu Waan, Pusat Pastoral di Keuskupan Agung Bangkok di Thailand untuk berpartisipasi dalam Sidang Umum Pendekatan Pastoral secara Integral di Asia (AsIPA) VII; yang dilaksanakan dari 22-28 Oktober 2015. Kami datang dengan tujuan untuk memperdalam persekutuan kami dan untuk menemukan sumber inspirasi dari Firman dan Ekaristi, terutama untuk berbagi pengalaman kami dalam Komunitas Basis Gerejawi (KBG) tentang hidup dengan orang-orang dari agama yang berbeda dan menemukan cara-cara yang kreatif untuk membawa perdamaian dan solidaritas yang lebih dalam, dalam dunia ini.
2.   Sebagai bagian dari program ini, kami mengunjungi beberapa KBG di tiga keuskupan di Thailand. Dalam kunjungan ini kami menemukan pengalaman keterbukaan yang mengesankan dan hidup harmonis dengan orang-orang dari agama yang berbeda seperti yang mereka terima; bahkan seperti kami alami di masjid-masjid dan kuil-kuil mereka dan disana kami berbagi kegembiraan dan harapan hidup antarumat beragama. Kami juga diperkuat oleh iman KBG seperti yang mereka sharingkan ketika kami berkunjung dalam KBG mereka. Kami sangat berterima kasih kepada Gereja di Thailand yang dengan keramahan-kehangatan dan murah hati mereka dan sebagai suatu kesaksian dari Gereja yang hidup.

KBG ADALAH EKSPRESI DARI PERSEKUTUAN DAN MISI GEREJA
3.   Dalam sidang yang berarti itu, kami pun merasa penting karena sidang itu bertepatan dengan kita merayakan lima puluh tahun sejak Konsili Vatikan II dan dua puluh lima tahun Sidang Pleno Federasi Konferensi Para Uskup Asia (FABC) V di Bandung, Indonesia. Konsili Vatikan II mendefinisikan kembali Gereja sebagai Umat  Allah dan menempatkan persekutuan di jantung apa artinya menjadi Gereja. Dasar dari persekutuan harus dipahami dalam konteks Tritunggal Mahakudus. Persekutuan, bagaimanapun, adalah intrinsik terkait dengan misi karena misi membentuk cara kita untuk menjadi Gereja (EA 24). Umat  ​​Allah, di mana setiap orang yang dibaptis berpartisipasi dalam peran menjadi imam, nabi dan raja Kristus (LG, Bab 1) secara alami membentuk komunitas agama setempat.
4.   Usaha FABC untuk memahami persekutuan dalam konteks Asia telah sangat bermanfaat. Dorongan terus-menerus dalam membentuk KBG-KBG telah menghasilkan banyak Gereja Lokal di Asia mengambil langkah untuk mempromosikan hidup ber-KBG. Pada Sidang Pleno ke-5 FABC, disana dengan jelas disebutkan bahwa Gereja di Asia harus menjadi 'persekutuan komunitas-komunitas, di mana kaum awam, religius, dan klerus mengakui dan menerima satu sama lain sebagai saudara dan saudari dalam misi umum’ (FABC V 5 # 8).
5.   KBG-KBG memperbaharui diri dan KBG telah dilihat sebagai buah langsung dari persekutuan itu dan misi Gereja sebagai Umat Allah dalam Konsili Vatikan II. Dalam penerimaan di Asia, FABC telah mendukung pertumbuhan KBG-KBG sebagai Jalan Baru-Gereja. Laporan dari berbagai negara selama Sidang Umum VII AsIPA melihat KBG dari visi Konsili Vatikan II sebagai berikut:
5.1.     Orang-orang telah mengalami pendalaman iman melalui KBG-KBG.
5.2.   KBG-KBG telah menjadi 'papan peluncuran' untuk memelihara kaum awam; orang-orang yang berasal dari KBG-KBG telah dilatih menjadi fasilitator dan lebih percaya diri; mereka dengan visi yang jelas dari Gereja; telah tumbuh dalam kesadaran martabat mereka sebagai orang yang dibaptis dan dipanggil untuk bersama dengan para tertahbis bertanggungjawab dalam misi Gereja.
5.3.   Haus akan Yesus dan Firman-Nya telah diperdalam dengan metode yang berbeda yang digunakan dalam sharing Kitab Suci KBG; dengan hidup Firman Allah, mereka saling menasehati, bahkan untuk non-beragama, tidak hanya dengan kata-kata tetapi dengan tindakan juga.
5.4.   KBG-KBG telah menjadi sarana pemecah hambatan antara imam dan awam, dan bahkan sebagai imam, uskup sekarang duduk bersama dengan mereka untuk pertemuan KBG-KBG.
5.5.   KBG-KBG tumbuh dan lebih tumbuh lagi kalau keuskupan mempromosikannya.
5.6.   Sidang Umum AsIPA menjadi sumber kebangkitan untuk KBG-KBG. AsIPA, alat memungkinkan mereka untuk mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan Allah melalui Firman dan Ekaristi. Metode AsIPA dan teksnya, sangat membantu dan bermanfaat bagi Evangelisasi Baru - dari keluarga, komunitas, dan paroki. Publikasi modul lokal dirancang untuk KBG-KBG juga terjadi.
6.   Namun, masih banyak perbaikan untuk daerah-daerah, sebagai berikut:
6.1.     Banyak kaum awam yang tradisional dan tidak terbuka untuk tantangan baru bagi pembaharuan Gereja; di sisi lain, mereka yang terlibat dalam kegiatan Gereja kekurangan formasi yang tepat.
6.2.   Banyak paroki masih berpusat pada para imam - (pastor sentris) dan tidak melibatkan KBG-KBG dalam kegiatan paroki.
6.3.   KBG-KBG tidak membuat prioritas pastoral di keuskupan; masukan dari para imam tanpa dukungan dari tenaga-tenaga lain dapat mempengaruhi fungsi KBG-KBG; ada juga imam yang tidak cukup termotivasi, bersama kaum beriman dan para animator awam untuk mempromosikan dan memelihara KBG-KBG.
6.4.   Tidak mudah untuk mendapatkan kaum muda yang terlibat dalam KBG-KBG.
6.5.   Media Massa, kuliah ekstra, pertanian musiman, pekerjaan, dll, menghalangi kegiatan tertentu dan partisipasi umat di dalam KBG-KBG.
6.6.   Di beberapa negara, para pemimpin gereja tidak dapat menghadiri pertemuan KBG karena pembatasan dari politik dan agama.
7.   Namun, berdasarkan laporan dan diskusi bahkan lebih dari pembicaraan para peserta dalam sidang ini, kita juga mengalami sebuah persekutuan- didalam misi seperti yang kita memperdalam hubungan kita dengan Yesus dan dengan satu sama lain melalui sharing Firman Tuhan dan merayakan Ekaristi setiap hari. Dalam teks AsIPA pada Formasi Spiritual, Pelatihan Pemimpin dan Dialog memotivasi kita untuk maju. Firman Allah juga menantang kita terutama dalam hidup dengan orang yang berbeda agama. Dalam sidang ini, kita mengambil tantangan ini dengan serius.

KBG DALAM KONTEKS MULTI-AGAMA DI ASIA
8.   Asia, tempat kelahiran dari banyak peradaban kuno dunia dan agama. Asia adalah benua diberkati dengan komunitas-komunitas yang hidup dengan campuran warna-warni budaya, agama dan filsafat, dan banyak yang lebih kuno dari agama Kristen. St. Yohanes Paulus II juga mengidentifikasi dan menghargai sifat multi-agama di Asia ini, ketika ia mengatakan: "Asia juga tempat lahir agama-agama utama dunia: Yahudi, Kristen, Islam, dan Hindu. Ini adalah tempat kelahiran banyak tradisi spiritual lainnya seperti Buddha, Taoisme, Konfusianisme, Zoroastrianisme, Jainisme, Sikhisme dan Shinto. Jutaan orang juga mendukung agama tradisional atau suku, dengan berbagai tingkat ritual terstruktur dan pengajaran resmi agama" (EA 6).
9.   Di Asia, hanya 4,5% dari total penduduk adalah penganut Kristen dan hanya kurang dari 3% dari populasi di Asia adalah Katolik. Dalam menghadapi konteks multi-agama dan minoritas di Asia FABC, positif menghargai pluralisme dan keragaman sebagai memperkaya, dan menyerukan kepada KBG-KBG untuk mempersiapkan diri untuk terlibat dalam dialog dengan orang-orang yang berbeda agama.

KBG-KBG HIDUP DENGAN TETANGGA YANG BERBEDA IMAN
10.    Meskipun kebodohan dan intoleransi agama lain terus mewabah dalam masyarakat dan telah menghasilkan ketegangan, konflik, dan kekerasan, dalam sidang ini kita telah bertukar banyak cerita positif tentang dialog antarumat beragama, dimana KBG-KBG yang telah menginspirasi kita. Dari cerita ini, kita belajar bahwa:
10.1.       Untuk memiliki dialog antarumat beragama asli, kita harus jujur ​​mengakui perbedaan-perbedaan kita serta keyakinan kita bersama. Dialog antarumat beragama asli dimulai pertama dengan memasukkan dalam keiman-an kita sendiri. Ini juga berarti melangkah ke dalam sepatu orang-orang dari agama yang berbeda dan mencoba untuk melihat dunia seperti yang mereka lihat itu. Untuk masuk ke dalam tuntutan dialog, kita hendaknya menjadi miskin di hadapan Allah, sehingga menjadi kaya cinta. Sebab Cinta adalah metode dialog.
10.2.     KBG-KBG terlibat dalam "dialog kehidupan" dengan saudara-saudara dari agama-agama lain, seperti kita memberikan salam kepada mereka pada hari-hari raya mereka dan berada bersama mereka dalam kebahagiaan dan rentetan momen kehidupan seperti pernikahan, sakit, bencana alam dan kematian. Hubungan dan persahabatan yang dibangun dalam dialog ini memungkinkan kita untuk mendukung, mendorong, dan menjangkau satu sama lain.
10.3.    KBG-KBG juga terlibat dalam "dialog aksi" - bertindak sebagai orang Samaria yang baik untuk orang-orang dari agama lain, dan bekerja dengan mereka pada isu-isu keadilan, perdamaian, dan solidaritas untuk kebaikan bersama.
10.4.   KBG-KBG melaksanakan "dialog pengalaman religius" dengan memasukkan ke dalam tradisi spiritual yang berbeda melalui perayaan dan sharing. Hal ini dilakukan melalui kehidupan nyata dengan mendengarkan, belajar dan refleksi secara tetap pada apa yang Allah dapat mengatakan melalui tradisi-tradisi keagamaan lainnya. Dalam dan melalui dialog antarumat beragama kita saling bertukar pengalaman ilahi kita.

TANTANGAN YANG DIHADAPI OLEH KBG-KBG DALAM DIALOG
11.       Allah "ingin semua orang diselamatkan dan mencapai pengetahuan kebenaran penuh " (1Tim 2:4). Sejajar dengan ini, Gereja juga mengatakan bahwa Gereja Katolik tidak menolak apapun yang serba benar dan suci dalam agama-agama lain (lih. NA art. 2).
12.     Dalam keterlibatan kita dengan komunitas-komunitas agama lain, kita dihadapkan dengan tantangan berikut:
12.1.   Untuk memberi pemahaman orang yang memadai tentang identitas Kristiani dan ajaran-ajaran Gereja kita supaya menghindari kebingungan dalam dialog antarumat beragama.
12.2. Kurangnya pengetahuan tentang agama-agama lain, takut yang tidak diketahui, kecurigaan, kurang kritis atas penilaian sendiri, superioritas dan inferioritas kompleks, perbedaan antara mereka yang mengambil bagian dalam dialog, kebingungan antara iman dan akal; budaya dan agama, juga dapat menghambat dialog antarumat beragama.
12.3. Kurangnya kualitas yang diperlukan untuk dialog seperti perhatian, kebaikan, rasa hormat, kesabaran, pengampunan, penerimaan dari orang lain sebagai satu keluarga manusia yang sama juga mempengaruhi dialog antarumat beragama.
12.4. Kurangnya antusiasme untuk menyaksikan dan memberitakan Kristus dan mengganti proklamasi dengan dialog dapat menimbulkan tantangan terhadap misi Gereja (EN art. 41, RM art. 42).
12.5. Sarana dialog untuk pribadi, politik atau ekonomi merupakan rintangan-rintangan tambahan otentik dalam dialog antarumat beragama.
12.6. Kurangnya pemahaman yang benar tentang Kerajaan Allah juga mempengaruhi dialog antarumat beragama. KBG-KBG ditantang untuk menyaksikan dan hidup dalam solidaritas dengan semua orang dari keluarga manusia.
12.7. Selain memperkuat yang sudah ada KBG-KBG, ada kebutuhan untuk membentuk dan mendorong Komunitas-komunitas Basis Manusia (KBM-BHCs) yang dapat menjadi sarana yang kuat untuk perdamaian dan harmoni komunal dan membantu kita untuk berpindah dari religiusitas ke dalam tindakan spiritualitas (Papers FABC No. 48, 1987).
12.8. Isu-isu teologis yang diangkat dalam dialog antarumat beragama seperti konsep Tuhan (kita berdoa kepada Tuhan yang sama), konsep Umat Allah (mereka juga umat Allah (LG 2,16), Yesus sebagai satu-satunya Juruselamat (EA 10), relativisme, inkulturasi (Kristen sebagai agama asing), dll dapat menyebabkan arah yang negatif terhadap orang dari agama lain. Dialog antarumat beragama adalah sikap yang membuat kita mampu berjumpa dengan Allah dalam cara yang misteri kehadiran Tuhan dalam agama-agama lain. Hal ini juga mengingatkan kita dan KBG-KBG kita bahwa menemukan jalan yang kreatif untuk mengartikulasikan dan hidup iman kita dalam konteks multi-agama (EA 18).

KESIMPULAN
13.     Oleh karena itu kita merekomendasikan:
13.1.       Untuk KBG-KBG:
a.        Bahwa upaya khusus untuk dibuat agar melibatkan kaum muda dan seluruh keluarga di KBG-KBG;
b.        KBG-KBG serius masuk ke dalam dialog antarumat beragama;
c.        Kita bergabung dalam upaya orang-orang dari agama lain untuk mempromosikan hak asasi manusia (HAM) dan terutama ditujukan pada isu-isu lingkungan, kemiskinan, ketidakadilan dan kekerasan.
13.2.     Untuk uskup dan imam:
a.      Supaya memastikan struktur yang mendukung kuat KBG-KBG di tingkat nasional dan keuskupan;
b.      Sebagai pemimpin spiritual untuk berada di garis depan dalam mempromosikan persatuan dan dialog antarumat beragama di luar Gereja.
13.3.     Untuk FABC – bagian AsIPA:
a.      Untuk mengembangkan rencana pastoral, bahan-bahan lebih diutamakan dan dapat mengatur program pelatihan yang bisa membantu mempromosikan dialog antarumat beragama di KBG-KBG, paroki dan di tingkat keuskupan.
14.     Pengalaman kita dalam Sidang Umum ini telah memperkuat kita dan menantang KBG-KBG kita bahkan lebih menjadi "titik awal yang kuat untuk sebuah masyarakat baru berdasarkan pada peradaban cinta kasih" (RM 51, EA 25) terutama karena Paus Fransiskus menantang kita untuk menjadi Gereja kasih dan sayang (Misericordia Vultus 15).
15.     Kita ingin mengucapkan terima kasih kepada Tim Pastoral KBG dan terutama KBG kita dan kelompok masyarakat yang tanpa mengenal lelah menghidupkan iman Kristen dan misinya. Kami juga mengucapkan terima kasih yang mendalam atas dukungan yang murah hati yang diberikan kepada kita oleh Missio-Aachen, Missio-Munich, Bantuan untuk Gereja yang Membutuhkan, Penyebaran Iman (Propaganda Fide), banyak dermawan, Tim Penyelenggara Lokal di Thailand dan Tim Pemberdayaan AsIPA serta FABC - OLF, Tim Redaksi AsIPA yang bekerja mengkoordinasi secara keseluruhan sidang ini.
16.     Akhir dari sidang pada tanggal 28 Oktober, hari yang sama bertepatan dengan dikeluarkan Deklarasi tentang Hubungan Gereja dengan Agama-agama Bukan Kristen pada lima puluh tahun yang lalu, bahkan lebih menantang KBG kita untuk mempromosikan hidup antarumat beragama. Semoga ibu kita tercinta Bunda Maria berdoa bagi kita untuk hidup secara kreatif dan setia dengan masyarakat yang berbeda agama!

Pernyataan Akhir, Sidang Umum VII AsIPA

Sungailiat, 30 Desember 2015
diterjemahkan oleh:

Alfons Liwun

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik