PESTA PERAK 25 TAHUN MENJADI USKUP KEUSKUPAN PANGKALPINANG


Bapa Uskup Keuskupan Pangkalpinang, Mgr. Hilarius Moa Nurak, SVD menjadi uskup di Keuskupan Pangkalpinang sejak 2 Agustus 1987, 25 tahun yang lalu. Dan sejak tanggal 2 Agustus 1972, Mgr. Hila genap 40 tahun menjadi imam di Tarekat SVD (Societas Verbum Dei).

Saat Kunjung di KBG Sta. Elisabeth Sungailiat
Menjadi uskup di wilayah Keuskupan Pangkalpinang dengan beberapa pulau, Mgr. Hila dikenal dengan sebutan “Bishop of Sea”. Seorang uskup di wilayah kepulauan memang tidak gampang. Tuntutannya adalah fisik dan mental yang kuat dan tangguh. Selama 25 tahun, Mgr. Hila telah menghadapi semuanya ini. Tidak heran jika fisiknya sudah menurun, kelihatannya rambut mulai beruban, dan sudah beberapa kali sakit, sehingga operasi ganti klip jantung. Walau demikian Bapa Uskup sampai dengan saat ini tegar dalam berkarya dan dengan tekun mengunjungi umatnya dari setiap paroki. Spiritnya ini justru meneladani Ibu Maria, yang selalu peduli dan setia mengunjungi saudara-saudarinya.

Saat kunjung ke KBG St. Dominikus Sungailiat
Dalam karya Mgr. Hila selama 25 tahun ini, beliau telah begitu gegap gempita membangun apa yang selama ini telah kita sebut Komunitas Basis Gerejawi (KBG). Perjuangannya supaya KBG-KBG mekar di paroki-paroki Keuskupan Pangkalpinang. Bahkan sejak Sinode I KBG menjadi prioritas utama karya pastoral Gereja Keuskupan Pangkalpinang. Perjuangannya terhadap KBG lebih teguh lagi ketika KBG dibakukannya dalam Sinode II.

Dalam berbagai kunjungannya ke paroki-paroki, Mgr. Hila selalau menekankan dan mengajak umatnya untuk memprioritaskan hidup pada KBG. Karena KBG itu sendiri adalah Rumah dan Sekolah bagi Umatnya. KBG sebagai rumah, didalamnya tiap anggota saling kenal satu sama lain dan bahkan saling membangun persaudaraan baik antar umat di KBG maupun lintas KBG. KBG sebagai sekolah, didalamnya tiap-tiap anggota mendapat pendidikan dan memberikan karisma-karismanya untuk karya pelayanan bersama. Ad multos annos, Mgr. Hila. We love you, we need you. ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik