DUDUK...


Duduk... apa itu? Duduk, meletakkan ”kedudukan” kita di atas sebuah tempat yang datar seperti kursi, bangku, atau tempat lain yang datar yang menjadi tempat untuk duduk.

Duduk... adalah sebuah sikap bertahan, berkanjang terhadap suatu prinsip. Duduk...adalah posisi tubuh kita, bisa mendengarkan suatu ajaran atau kotbah atau wejangan dari seseorang. Duduk adalah penyerahan diri seutuh kepada pribadi yang sedang mengadakan sesuatu.

Temu Fasilitator waktu luang Sinode II
Makna duduk yang telah dipresentasikan diatas, termaktub juga dalam bacaan-bacaan suci dalam minggu biasa ini (4-5 Agustus 2012). Kitab Keluaran (16: 2—4), menceriterakan secara tersirat, Israel tidak bertahan dalam perjalanannya menuju Tanah Terjanji. Tidak bertahan karena mereka sendiri tidak mau menderita terlebih dahulu. Tidak bertahan, menandakan kerapuhan dalam prinsip dan karena itu lebih sering mengeluh. ”Lebih baik kami mati di Mesir ketika duduk berhadapan dengan kuali...”, lebih baik mati karena kegembiraan dalam penjajahan dari pada mati karena penderitaan yang berkepanjangan di Padang Gurun.

Kebertahanan dalam iman menandakan bahwa kita telah menjadi pengikut Kristus, tegas Paulus kepada umat di Efesus (Ef. 4: 17, 20—24). Kebertahanan adalah suatu sikap teguh dalam duduk. Kebertahanan, sikap komit. Mau merasakan kekuatan Allah.

Dan lebih bernilai lagi, ketika kebertahanan itu terungkap dalam mujizat, 5 roti dan 2 potong ikan, yang membuat banyak orang menjadi kuat. Bertahan duduk, seperti yang diminta Yesus dalam Injil Yohanes (Yoh. 6: 24—35), menegaskan, mau mengalami rahmat Allah. Rahmat Allah yang turun dari surga untuk umat-Nya, sehingga semua orang yang hadir menjadi satu saudara-saudari, satu Gereja yang teguh dalam beriman.
Terkadang, kita pun tidak bertahan untuk ”duduk”. Kita ingin cepat-cepat. Yesus mengajak kita untuk tetap duduk, dan teguh dalam iman, agar kita mengalami rahmat Allah. Mujizat dalam hidup. ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik