SUMUR KAWALIWU : SUMBER KEHIDUPAN

Sinar Hading memiliki “sumur kehidupan” yang sepanjang tahun memberikan hidup bagi masyarakatnya. “Sumur kehidupan” itu adalah sumur “wai bao” dan sumur “wai hading.” Kedua sumur ini tertua adalah sumur “wai hading.” Kemudian baru sumur “wai bao.”

Nama kedua sumur  ini berdasarkan nama yang diberi berdasarkan kedekatan sumur tersebut dengan sesuatu. Sumur “wai hading” berdekatan dengan atau di teluk hading. Sedang sumur “wai bao” karena sumur tersebut ada dibawah pohon bao (bao = pohon beringin)

Kedua sumur ini menjadi tempat pertemuan orang Kawaliwu dari berbagai keluarga dan suku. Dan karena hanya dua sumur maka hampir setiap saat di sumur tersebut selalu ada orang “datang dan pergi” mengambil air baik untuk mencuci maupun untuk kebutuhan pokok yaitu masak, mandi dan minum.

Di kedua sumur ini selain orang “datang dan pergi” untuk mengambil dan mengantar air, juga menjadi tempat curhat bagi siapa saja, dan dengan siapa saja serta tentang apa saja. Bahkan jika mau mendengar berita terbaru di seputar Kawaliwu, orang bisa-bisa saja ke sumur dan sialahkan duduk dan mendengar ceritera apa saja dari orang-orang yang datang dan pergi mengambil air.

Sisi lain dari kedua sumur ini adalah, sebagai tempat tumbuh-kembangnya bibit-bibit perasaan sayang dan cinta pada “temona” (gadis) dari suku mana menjadi “muro-kemamu.”

Dari sisi ini, kita boleh terpanggil untuk menjadi seorang “arkeolog” – menggali kembali pengalaman kita di tepian sumur “wai hading” dan “wai bao.” Apakah masih ada pengalaman baik yang masih ada, dan bahkan sampai sekarang masih terus menerus ditumbuh-kembangkan. ***

Komentar

yanolius mukin mengatakan…
konon,wai hading merupakan air rahmat atau pemberian dari Rerawula atau juga wai hading merupakan sumber kesuburan dan sumber kehidupan.menurut kepercayaan masyarakat desa sinar hading hading (kawaliwu)bila terjadi kemarau atau gagal panen masyarakat biasa mengambil air di wai hading dan meletakannya di hedik er'a.
di sisi lain wai hading juga dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit kulit dan sejenisnya.

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik