FKUB Bangka Belitung dan FKUB Kabupaten Propinsi Kep. Bangka Belitung

Kegiatan Anjangsana dan Studi Banding yang dilaksanakan pada tanggal 22 September 2014 oleh para tokoh agama yang bergabung dalam FKUB Propinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh biro Kesra Pronpinsi Kepupauan Bangka Belitung dibawah pimpinan Ibu Sulfa Kalsum, S. Pd., M. Si, cs. Studi Banding tidak selamanya harus pergi ke daerah-daerah lain diluar propinsi. Studi Banding juga dapat dijalankan dalam wilayah-wilayah sendiri. Inilah yang merupakan suatu perhatian yang boleh dibilang jarang dilakukan. Belajar dari dalam dulu, mungkin jika ada kesempatan lain, boleh belajar di tempat-tempat lain dalam wilayah propinsi yang lain.

Tempat anjangsana dan studi banding di Kabupaten Bangka. Kabupaten Bangka dinilai sebagai sebuah kabupaten yang layak dikunjungi dengan alasan yang sederhana, kabupeten yang kondusif, koordinasi antar tokoh agama yang bergabung dalam FKUB Kabupaten Bangka mudah dan cepat menanggapi kegiatan ini. Selain itu juga tempat-tempat ibadah agama-agama pun banyak dan menjadi ajang wisata bagi masyarakat umum.

FKUB Propinsi Kep. Babel pertama berkunjung ke Mesjid Al' Ittihad di Jl. Senang Hati Sungailiat
FKUB Babel diterima dengan hangat dan penuh persaudaraan oleh para pengurus Mesjid Al' Ittihad. Sebuah kebanggaan bagi kami. Diterima dan mendapat informasi yang sangat berarti di aula mesjid ini.

FKUB Babel berpose bersama di depan Gereja Katolik Paroki Sungailiat. Gereja tua yang berawal dari bioskop dan dibeli untuk menjadi Gereja sejak 22 September 1968.
Di Gereja Katolik para rombongan diterima oleh para pastor MSF dan DPP Paroki Sungailiat di aula paroki.

FKUB Babel berkunjung ke GPKris di Jl. Jend. Sudirman Sungailiat.
Di GPKris para rombongan diterima oleh para pendeta dan majelis serta jemaat-jemaat GPKris.

Kebersamaan kami terajut dalam panorama Pantai Tanjung Pesona. Wujud kebersamaan ialah makan bersama. Dalam makan bersama kami saling berbagi satu sama lain.
Dari Pantai Tanjung Pesona anggota FKUB Babel berkunjung ke Rumah Ibadah Cong Fu Chu Pantai Rebo, yang terletak di bukit Rebo Sungailiat. Dari bukit ini kita dapat menikmat panorama pantai tikus.
Dari Pantai Rebo, anggota FKUB Babel berkunjung ke Vihara Air Kenanga Sungailiat di Jl. Depati Amir-Jl. Umum ke Pangkalpinang. Disini para anggota FKUB diterima dengan hangat oleh para penguruh vihara.

FKUB Babel berkunjung ke Kelenteng Kwan Tie Miau Baturusa, sebuah kelenteng tua yang dibangun sejak 1887 baru dipakai pada tahun 1896. Disini juga FKUB Babel diterima dengan hangat oleh para pengurus kelenteng ini.
Tujuan dari anjangsana dan studi banding FKUB Babel ini ditegaskan oleh Ibu Sulfa Kalsum, S.Pd., M.Si bahwa para peserta FKUB Babel menggali sebanyak mungkin informasi yang bisa diperoleh secara teknis real dan empiris, kemudian dapat dijadikan barometer dan pembanding yang kemudian dianalisis untuk menemukan sebuah pembaharuan yang aplikatif, baik untuk depan dalam jangka pendek dan jangka panjang secara futuristik. 

Akhirnya, terima kasih banyak untuk pemerintahan Propinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya Biro Kesra Pemerintah Proponsi Kep. Babel yang berinisiatip mengadakan kegiatan semacam ini. Dengan acara ini, secara pribadi saya mengenal sesama saya dari berbagai agama yang bergabung dalam FKUB Propinsi dan FKUB Kabupaten-kabupaten di Propinsi Kep. Babel. Terima kasih khusus untuk Ibu Sulfa Kalsum, S. Pd., M.Si, dan kawan-kawan di Biro Kesra. Mohon maaf atas kekurangan dalam pelayanan kami di rumah-rumah ibadah yang menjadi tempat kunjungan kali ini. Salam hormat saya. ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik