Doa 24 Jam Untuk Tuhan di Paroki Sungailiat



Paus Fransiskus, sejak setahun menjadi pimpinan tertinggi Gereja Katolik sedunia, merencanakan doa 24 jam untuk Tuhan. Rencana itu pernah dijalankan pada tanggal 13-14 Maret 2015 yang lalu. Dasar yang disampaikan untuk umat berdoa 24 jam ialah untuk mengenang hari pengangkatan menjadi Paus, mau memberi makna baru pada masa prapaskah 2016 ini. Doa 24 jam untuk Tuhan dijalankan pada tanggal 4-5 Maret 2016 dengan cara: pintu gereja dibuka selama 24 jam, kesempatan umat untuk mengaku dosa secara pribadi, berdoa secara komunitas dan pribadi dihadapan Allah, dan bahkan diberi kesempatan kepada setiap umat untuk membuat percakapan / spiritual counseling dengan para imam. Juga, bapa Paus Franiskus meminta para imam untuk siap melayani para peniten yang mencari pengampunan Tuhan.

Waktu doa 24 jam untuk Tuhan yang dimaksud Paus Fransiskus, selain sudah disebutkan tadi bisa juga sebagai kesempatan untuk refleksi dan doa, untuk menemukan kembali rahmat besar Allah di jantung Iman Katolik bahkan Bapa Paus Fransikus menambahkan bahwa doa 24 jam adalah kesempatan berdoa bersama-sama seluruh Gereja, seluruh dunia. Tak tahukah kamu, betapa kuat dan dahsyatnya kekuatan doa bersama dan serentak ini?

Dipihak yang lain, Bapa Paus Fransikus memiliki sejumlah bahan ajaran kateketisnya tentang Sakramen Tobat. Sakramen Tobat ialah mengaku dosa bukanlah memasuki sebuah ruang penghakiman/pengadilan yang mengerikan; justru disana gunung kerahiman Allah begitu besar, kita saja yang malas untuk datang memohon kerahiman Tuhan. Jangan takut untuk mengaku dosa. Manusia bisa saja jatuh dalam dosa, pergilah menyesal, bertobat, kita diampuni, kita lalu bangkit lagi. Saya  sendiri setiap 15 hari mengaku dosa, karena Paus juga orang berdosa, ungkap Sang Paus.

Paus Fransiskus menceriterakan pengalaman doa 24 jam pada tahun lalu (2015), di Eropa dan belahan dunia lainnya, inisiatif doa 24 jam disambut hangat dan gereja-gereja sepanjang malam terbuka bagi siapa saja. Hal ini telah membangkitkan optimisme bahwa tahun ini pun, apalagi di tahun Jubileum belas kasih, akan dirayakan penuh antusiasme. Sangat menonjol dan menyolok adalah peranan dan kehadiran orang muda yang memberi makna lebih pada inisiatif ini.

4-5 Maret 2016: 24 Jam untuk Tuhan Sang Belas Kasih
Dalam MV 17, Paus Fransiskus meminta supaya Doa 24 Jam untuk Tuhan pun dijalankan pada tahun Yubileum Kerahiman Ilahi 2016, tepatnya pada tanggal 4-5 Maret 2016. Selama 24 Jam, Paus Fransikus meminta supaya semua Gereja terbuka 24 jam bagi umat Katolik entah mau berdoa, bermeditasi, berdialog dengan imamnya, entah menerima sakramen pertobatan, dll.

Dalam konteks Keuskupan Pangkalpinang, Mgr. Hilarius Moa Nurak SVD, dalam Surat Gembala Prapaskah 2016, pun menegaskan: ‘Di masa Prapaskah di tahun Yubileum ini, saya menegaskan, sebagaimana diserukan Paus Fransiskus dalam Bulla Misericordia Vultus, dan ditegaskan lagi dalam pesan Masa Prapaskahnya di Tahun 2016 ini: “Masa Prapaskah selama Tahun Yubileum ini juga seharusnya dihayati dengan lebih intens sebagai momen istimewa untuk merayakan dan mengalami kerahiman Allah” (MV no 17). Saya mengajak agar kita lebih intens membaca Kitab Suci, mendengarkan Sabda Allah yang menyelamatkan dan berbelas-kasih, semuanya ini dapat  membantu kita untuk menemukan kembali wajah Bapa yang penuh kerahiman. Sri Paus juga menyerukan kepada kita untuk mendengarkan Sabda Allah dengan penuh perhatian. Beliau memprakarsai  "24 Jam bagi Tuhan", yang akan dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu sebelum Minggu Prapaskah IV, harus dilaksanakan di setiap keuskupan. Atas prakarsa Sri Paus Fransiskus ini, saya pun menghimbau untuk diadakannya “24 jam bagi Tuhan” di paroki-paroki dan stasi-stasi. Hal ini dimaksud agar kitapun memupuk keutamaan mendengarkan dan merenungkan dengan penuh doa terhadap Sabda Allah.’

24 Jam untuk Tuhan di Paroki Sungailiat Bangka
Berdasarkan hasil pertemuan pastor paroki dengan para ketua KBG, kelompok kategorial, dan seksi liturgi paroki serta para fasilitator KBG yang dilaksanakan pada hari/tanggal Minggu, 28 Februari 2016, disepakati beberapa hal dasar sebagai berikut:

Hari Jumat, 4 Maret 2016         :
17.00 – 18.00                               Jalan Salib Kerahiman Ilahi (Gereja Paroki, Pemali, dan Bedukang).
8.00 – 19.00                                 Perayaan Ekaristi (di Gereja Paroki, Pemali dan Bedukang).
20.00 – 21.00                               Pentahtaan Sakramen Mahakudus (hanya di Gereja Paroki)
Jam 21.00 – 21.30                        Ibadat tobat (di Gereja Paroki dan Pemali-bagi yang lanzia).

Jadwal Adorasi dan Pengakuan dosa setiap KBG dan Kelompok Kategorial:
nota bene (nb): selama Adorasi berjalan, bagi umat KBG yang sedang tidak mendapat giliran adorasi dapat mengaku dosa secara pribadi dengan pastor. Juga bagi umat yang mau berkonsultasi para pastor dapat melayani umat.
21.00 – 21.30                               KBG Sta. Theresia 2.
21.30 – 22.00                               KBG Sta. Elisabeth
22.00 – 22.30                               KBG Sta. Theresia 1 dan St. Petrus
22.30 – 23.00                               KBG St. Yosep
23.00 – 24.00                               OMK St. Aloysius Gonzaga
24.00 – 24.30                               CFC dan Pelayan Komuni Tak Lazim
24.30 – 01.00                               Para Fasilitator dari KBG-KBG.
01.00 – 01.30                               Para Pastor
01.30 – 02.00                               Para Suster
02.00 – 02.30                               KBG St. Fransiskus Xaverius
02.30 – 03.30                               Kelompok AsIPA Paroki
03.30 – 04.00                               KBG St. Gabriel
04.00 – 04.30                               KBG St. Don Bosco
04.30 – 05.00                               KBG St. Antonius
05.00 – 05.30                               KBG St. Vincentius
05.30 – 06.00                               KBG Sta. Maria Goretti dan Kelompok Anak dan Remaja.

Hari Sabtu, 5 Maret 2016          :
Jadwal Adorasi dan Pengakuan Dosa KBG dan kelompok Kategorial:
nota bene (nb): selama Adorasi berjalan, bagi umat KBG yang sedang tidak mendapat giliran adorasi dapat mengaku dosa secara pribadi dengan pastor. Juga bagi umat yang mau berkonsultasi para pastor dapat melayani umat.
06.00 – 07.00                               Kelompok Ibu-Ibu dan seluruh umat – Ibadat Pagi – Misa Pagi
07.30 – 10.00                               Salve – adorasi untuk semua umat yang berkenan hadir.
10.00 -  11..00                              Siswa/i Katolik SMA/K Negeri dan Swasta di Sungailiat
11.00 – 12.00                               SD dan SMP Sta. Maria Goretti
12.00 – 14.00                               KBG St. Yohanes Pemandi, St. Thomas Aquino, Sta. Sisilia dan St. Dominikus
14.00 – 15.00                               Legio Mariae Sungailiat
13.00 – 15.00                               Ibadat siang - Koronka Kerahiman Ilahi
15.00 – 17.00                               Ibadat Tobat dan pengakuan dosa untuk umum.
17.00 – 18.00                               Ibadat Sore I
18.00 – selesai                              Ekaristi Sabtu sore (Minggu Prapaskah IV).

Catatan:
Ibadat Jalan Salib akan dipakai teks Jalan Salib Kerahiman Ilahi. Teksnya akan disiapkan oleh seksi liturgi paroki. Bagi umat Pemali dan Bedukang diharapkan supaya bisa mengambilnya di sekretariat paroki pada jam kerja.
Jadwal Ibadat Tobat disediakan pada beberapa waktu baik di hari Jumat maupun hari Sabtu. Hal ini dimaksudkan supaya umat bagi menyesuaikan pengakuannya dengan waktu yang ditawarkan ini.

Doa selama Adorasi Sakramen Mahakudus memakai buku Ibadat Adorasi Ekaristi hal. 19-29 yang beberapa bulan lalu dibeli di Gereja. Karena itu, diharapkan waktu adorasi umat membawa Puji Syukur dan buku adorasi masing-masing.

Diberitahukan kepada ketua-ketua KBG dan kelompok kategorial bahwa hari Rabu, 2 Maret 2016 bertempat di aula paroki jam 16.00 wib mohon kehadirannya untuk pelatihan pemimpin adorasi dan jalan salib kerahiman ilahi dan informasi lebih lanjut lainnya.

Jadwal adorasi per setiap KBG / kelompok diberi waktu 30 menit. Karena itu, bagi KBG atau kelompok yang mendapat jadwal giliran doa adorasi diharapkan minimal 30 menit sebelum mulai adorasi sudah ada di lingkungan Gereja Paroki.

Sesuai dengan permintaan Bapa Paus Fransiskus dan Bapa Uskup Keuskupan Pangkalpinang bahwa 24 jam Gereja dibuka untuk seluruh umat Paroki, maka pada tanggal itu, Gereja kita akan dibukakan untuk umat. Karena itu dihimbau supaya bagi umat yang mau ikut kegiatan umum bersama KBG atau kelompok sebelum atau sesudah kegiatan tersebut umat diberi kesempatan untuk doa atau meditasi atau refleksi secara pribadi di Gereja.

Pondopo dan aula akan disiapkan sebagai tempat istirahat ala kadarnya bagi KBG atau kelompok yang menanti jadwal adorasinya.***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik