BOPENG WAJAH BANGKA

oleh: Alfons Liwun
Bangka dalam peta nasional.Posisinya strategis yaitu antara negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Brunai Darussalam, Muangthai. Posisi ini membuat Bangka menjadi daerah yang cocok untuk pariwisata. Tulisan atas komentar beberapa foto di bawah ini sebenarnya mau menampilkan wajah Bangka yang tidak ramah lingkungan.

Bangka Pulau Timah. Itulah yang sering disebut banyak orang. Dan memang benar! Tapi coba perhatikan wajah pulau ini kalau tambang timah semakin marak mengakibatkan wajah Bangka "Bopeng" yang hampir tidak bisa diperbaiki lagi. Bahkan kalau perbaiki menjadi kesulitan.

 Bekas tambang timah, menjadi kolong yang seakan-akan menjadi "danau buatan" Timah telah diambil, tinggal kolong yang hampir tidak terawat.

 Rumah/kamp tambang timah yang ada di samping kolong. Sebuah pemandangan yang menghiasi wajah bopeng pulau Timah.
Alat berat yang membedah wajah pulau Bangka. Hanya menggali tapi sulit untuk revitalisasi. Hanya mengoperasi tapi tidak mampu menjahit kembali.
Tanah yang ditinggalkan seperti inilah. Tidak ada lagi kehidupaan baru. Hanya mengandalkan proses alamiah. Tanah tersobek, bio-hayati mati. Mau apakah wajah Bangka ini? Mudah-mudahan ke depan semua warga memperhatikannya dan merevitalisasi lagi. Bangunlah bumi selaras lingkungan dan ramah kehidupan

Wajah bopeng Bangka hanya bisa diperbaiki lagi oleh para penghuninya. Jangan pernah masa bodoh dengan lingkungan. Pemanasan global semakin menjadi, lapisan O3 (ozon) semakin lebar, dan hayati di bumi semakin tidak nyaman. Ayo...tanamlah pohon sebanyak-banyaknya baik di rumah, di tempat kerja maupun di kebun sendiri. Tanaman sengon, salah satu tanaman yang cocok untuk kondisi tanah di Pulau Bangka. Mau buktikan silakan. Saya sudah buktikan di kebun saya. **












Komentar

Tunas Muda mengatakan…
wajah bangka udah bopeng, jangan masa bodoh. bahaya untk kehidupan.

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik