SIDANG SINODE II TINGKAT PAROKI STA. MARIA PSR SUNGAILIAT

Sidang Sinode II Tingkat Paroki, khususnya Paroki Sta. Maria Pengantara Segala Rahmat Sungailiat dilaksanakan pada hari Minggu sore, jam 17.00 - 22.30 di Aula Paroki Sungailiat pada tanggal 5 Juni 2011. Sidang itu dihadiri oleh 28 orang yang terdiri dari utusan komunitas basis, biara suster Abdi Kristus, kelompok kategorial dan kaum muda serta anggota DPP. Rm. Dr. Vincentius Wahyu Hardijanto MSF membuka dan memimpin secara langsung Sidang Sinode II Paroki Sungailiat.

Acara Sidang Sinode II Paroki Sungailiat dibuka dengan doa pembuka dari Doa Sinode II Keuskupan Pangkalpinang dari Juni - Desember 2011. Kemudian ada pengantar dari Rm. Dr. Vincent Wahyu H MSF dan selanjutnya peserta Sidang Sinode II Paroki dibagi dalam kelompok kecil untuk mendalami Instrumen Laboris yang telah disiapkan oleh Tim perampung dan Sekretaris Jenderal Sinode II, Rm. Beni Balun, Pr.

Setiap kelompok yang dibagikan itu mendalami subtema sinode II. Pembagian Kelompok diskusi itu sebagai berikut:

Kelompok 1 terdiri dari Rm. Wahyu MSF, Bp. Paulus Benediktus, Bp. Leo Agung Heriyanto, Bp. Sitanjak, Bp. Parulian Silalahi. Kelompok ini mendiskusikan materi Gereja Partisipatif dalam kaitannya dengan Visi Keuskupan Pangkalpinang dan Kristus adalah Pusat Hidup Gereja Partisipatif.










Kelompok 2 terdiri dari Bp. Kristiawan Wardana, Bp. Yulianus Susantoyo, Bp. Yohanes sagyo, Ibu Sri Winarti, Bp. Slamet Sudharso, dan Bp. Alfons Liwun. Kelompok ini berdiskusi tentang subtema "Meneladani Communio Allah Tritunggal dan Gereja Partisipatif dan Kepemimpinannya."





Kelompok 3 terdiri dari Bp. John Lasong, Bp. Napitupulu, Nn. Yovita Yati, Sdr. Hilarius Asta, Bp. Bernardus Djaimin, dan Bp. Slamet Martin. Kelompok ini berdiskusi tentang "Gereja Partisipatif dan Pengelolaan Harta Benda."










Kelompok 4 terdiri dari Bp. John Djanu Rombang, Bp. Yosef Ardyanto Totong, Bp. Servinus Sero, Sr. Gregoriana Ak dan sdri. Dewi Susanti. Kelompok ini membahas tentang Kristus Pusat Hidup Gereja Partisipatif dan Komunitas Basis Gerejani.






Setelah dibahas di kelompok kecil, kemudian diplenokan. Didalam pleno ini anggota kelompok memberikan menajaman dan berdiskusi lagi. hasil diskusi dari setiap subtema akan menjadi hasil definitif Sidang Sinode tingkat Paroki. Hasil dari Sidang Paroki ditandatangani atau disahkan oleh tiga orang: Rm. Dr. Vincentius Wahyu H MSF, Bp. Leo Agung Heriyanto dan Bp. John Djanu Rombang. Hasil sidang Sinode II tingkat paroki kemudian menjadi bahan laporan dalam Sidang Sinode II tingkat Dekenat (Selatan atau Utara). ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik