SINODE II KEUSKUPAN PANGKALPINANG SEJAK JANUARI 2009

Sinode II Keuskupan Pangkalpinang mulai dijalankan oleh umat Katolik keuskupan Pangkalpinang sejak Januari 2009 dengan pertemuan antar umat Katolik di komunitas basis gerejani masing-masing paroki. Sejak Januari 2009 itu, umat merefleksikan perjalanan hidupnya sebagai umat Allah, satu keuskupan melalui tujuh subtema Sinode II. Ketujuh subtema itu antara lain: (1). Gereja Partisipatif dalam kaitannya dengan Visi Misi Kesukupan Pangkalpinang 2000 (2). Kristus adalah Pusat Hidup Gereja Partisipatif (3). Meneladani Commnio Allah Tritunggal (4). Gereja Partisipatif Melaksanakan Misi Yesus Kristus (5). Gereja Partisipatif dan Kepemimpinannya (6). Gereja Partisipatif dan Pengelolaan Harta Bendanya (7). Komunitas Basis Gerejani.

Selama hampir lebih kurang dua tahun, umat di komunitas basis bertemu dan sharing Kitab Suci dengan bimbingan ke-7 subtema tadi. Selain itu, umat pun diminta untuk mengisi formulir dan angket penelitian berdasarkan ke-7 subtema tadi. Memang selama hampir 2 tahun itu umat sungguh sungguh berjuang untuk menemukan jati dirinya. Bahwa jati dirinya sebagai umat Allah, sungguh-sungguh dibimbing oleh Roh Kudus, bersama sama melangkah maju menuju Allah Bapa.


Setiap kali selesai satu subtema umat komunitas mengadakan refleksi penilaian dan kemudian melanjutkan pada pertemuan subtema berikutnya. Ujung tombak dari setiap pertemuan umat di KBG-KBG adalah fasilitator, pengurus kelompok dan pastor dalam perayaan ekaristi bulanan komunitas.***



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik