KOMUNITAS BASIS STA. MARIA GORETTI PAROKI SUNGAILIAT

Komunitas Sta. Maria Goretti adalah komunitas yang berada di tengah-tengah kota. Komunitas Basis Gerejawi ini berada di sekitar Sekolah Katolik Sta. Maria Goretti Sungailiat. Sejak 2007, komunitas ini diketuai oleh Ibu Frederika Sri Winarti, dibantu oleh seorang anak muda, saudari Florentina Dewi Susanto dan Sr. Gregoriana, AK. Wilayah komunitas ini mencakupi daerah Sinkai Sawo, Air Kantong, Nanung, Fajar, Pasar dan Loka Cin. Anggota kelompok ini cukup banyak umat, namun kini aktivitas kelompok ini didominasi oleh aji-aji tua.

Sedangkan SDM untuk keperluan fasilitator amat minim. Saudari Dewi dan Sr. Gregoriana, AK adalah fasilitator komunitas Sta. Maria Goretti. Aktivitas kelompok ini cukup bagus, ada kegiatan rutin, dan kompak satu sama lain. Sejak awal 2008, kelompok ini dimekarkan menjadi dua ranting. Kelompok ini kini dibantu oleh suster-suster AK. Tetapi pemekaran ini hanya bertahan selama setahun. Kini kelompok ini tetap menjadi kelompok yang besar. Kesulitan yang mereka hadapi adalah selain kekurangan fasilitator, juga karena anggota kelompoknya yang terdiri dari ibu-ibu yang tua dengan keterikatan psikologis yang telah lama dibangun. Kaum bapak, dan kaum muda jarang aktif.

Berdasarkan sensus Paroki Sungailiat 2011, umat komunitas Maria Goretti berjumlah 95 jiwa yang terdiri dari 43 laki-laki dan 52 perempuan. Maria Goretti mempunyai 42 kepala keluarga. Dari sensus, terbaca bahwa komunitas ini, mempunyai tenaga yang cukuup, hanya tenaga-tenaga yang berpendidikan setingkat SMA dan PT, jarang aktif dan agak sulit terlibat dalam kegiatan komunitas. Mereka lebih sibuk dengan urusan pribadi dan bisnis mereka.
Jumlah umat komunitas Maria Goretti berdasarkan pendidikan:

TINGKAT PENDIDIKAN
JUMLAH UMAT
TK
2
SD
12
SMP
14
SMA
26
PT
9
TBD (=TIDAK BERI DATA)
32

Jumlah umat komunitas Maria Goretti, berdasarkan umur:
UMUR
JUMLAH UMAT
0-10
9
11-20
10
21-30
17
31-40
14
41-50
7
51-60
16
60 > KE ATAS
14
TBD (=TIDAK BERI DATA)
8

Kegiatan yang selama ini dilaksanakan di komunitas Maria Goretti meliputi: (1). Misa bulanan komunitas yang dilaksanakan pada hari Rabu Minggu III. (2). Ibadat tobat rutin di komunitas yaitu pada masa prapaskah dan Adven, sedang mingguan dilaksanakan di gereja paroki setiap Sabtu sore, pada pukul 17.00-17.45. wib. (3). Kegiatan pendalaman iman seperti APP, Bulan Rosari, PDLP, Bulinas, Kitab Suci, dan pertemuan syering Injil mingguan, pada hari Rabu sore, jam 17.00. (4). Pesta Pelindung setiap tahun pada tanggal, 6 Juli: pesta pelindung. (5). Program khusus komunitas yaitu Program komunitas tahunan dan jadwal kegiatan tahunan. ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik