KOMUNITAS BASIS GEREJAWI ST. FRANSISKUS XAVERIUS KAMPUNG JAWA - PAROKI SUNGAILIAT

Daerah Kampung Jawa, termasuk wilayah Kota Sungailiat. Disebut kampung Jawa karena  anggota komunitas ini hampir semuanya adalah orang Jawa. Komunitas memiliki fasilitator yang cukup dan baik. Fasilitator lebih baik dan berkualitas lagi jika pemberdayaan kualitas keluarga muda dikelompok ini ditingkatkan lagi. Artinya bahwa perhatian pada keluarga-keluarga muda akan membantu terlibatan mereka dalam berbagai kegiatan komunitas.

Ada kaum muda tapi kini tidak banyak lagi. Anak-anak dan remaja minim sekali. Kelompok ini merupakan teritorial yang bernuansa kategorial – budaya (Jawa). Ada beberapa anggota keluarga yang berasal dari kelompok St. Yosep dan St. Petrus yang sering mengikuti kegiatan kelompok St. Fransiskus Xaverius, hal ini karena ”kedekatan emosional budaya”. Sedangkan kelompok teritorialnya sendiri, tidak mengikutinya. Maka dalam pertemuan kelompok, perlu penyadaran tentang KBG—teritorial. St. Fransiskus Xaverius sejak 2008, telah dibentuk Credit Union.

Bapak Yohanes Sagiyo adalah ketua Komunitas Fransiskus Xaverius. Komunitas ini memiliki umat sebanyak 49 jiwa yang terdiri dari 28 laki-laki dan 21 perempuan dengan 17 Kepala Keluarga. Komunitas ini pun mempunyai bebrbagai macam kegiatan antara lain: (1). Misa komunitas setiap hari Kamis Minggu I dalam bulan. (2). Ibadat tobat yang dilaksanakan di komunitas yaitu tiap masa Adven dan masa Prapaskah. (3). Ibadat / pendalaman iman meliputi: APP, Bulan Rosari, PDPL, Bulinas, Bulan Kitab Suci, dll. Pertemuan setiap hari Kamis jam: 19.00 setiap minggu. (4). Pesta Pelindung, tiap tahun tanggal 3 Desember. (5). Kegiatan khusus yang diprogramkan sepanjang tahun.

Dalam sensus Paroki Sungailiat, jumlah umat komunitas yang sudah disebutkan tadi, dapat dirincikan berdasarkan umur dan pendidikan sebagai berikut:

Dari Segi Umur:

UMUR
JUMLAH UMAT
0-10 TAHUN
8
11-20 TAHUN
3
21-30 TAHUN
7
31-40 TAHUN
11
41-50 TAHUN
6
51-60 TAHUN
9
61 > KE ATAS
5
TBD (=TIDAK BERI DATA
0


Dari segi Pendidikan:

PENDIDIKAN
JUMLAH UMAT
TK
2
SD
8
SMP
4
SMA
17
PT
14
TBD (=TIDAK BERI DATA
0

Berdasarkan segi umur ini, kita dapat melihat seberapa jauh keterlibatan anggota komunitas ini dalam berbagai kegiatan komunitas. Setiap kegiatan lebih kurang 20-an orang yang aktif, masih banyak anggota yang belum terlibat, apalagi anak-anak dan kaum muda.
Sedangkan berdasarkan pendidikan, komunitas ini mempunyai tenaga yang lumayan berkualitas, namun juga masih banyak anggota umat yang belum maksimal memberikan diri dalam karya pelayanan dalam komunitas. ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik