RAT KOPDIT KABARI: KOPDIT SEHAT ANGGOTA SEJAHTERA

"Kopdit Sehat, Anggota Sejahtera", itulah tema khusus yang diusung dalam rapat anggota tahunan (RAT) Koperasi Kredit Karya Bersama Lestari (KOPDIT KABAR) Pangkalpinang. RAT yang dilaksanakan di Hotel Grand Mutiara, Kampung Bintang Pangkalpinang pada minggu, 4 Maret 2012 dari jam 10.00 sampai dengan 14.30 wib. 

RAT kali ini sebelum dilaksanakan, didahului dengan Pra-RAT yang dilaksanakan pada minggu, 26 Februari 2012 di Green Garden Jl. Koba Pangkalpinang. Dalam Pra-RAT, lebih kurang 800 peserta yang hadir. Dalam Pra-RAT ditawarkan kepada anggota untuk mengikuti RAT. Namun hanya seratusan anggota yang bisa ikut RAT.

"Kopdit Sehat, Anggota Sejahtera", benarkah itu? Tema ini yang diperjuangkan anggota untuk tahun buku 2012. Mudah-mudahan anggota sejahtera, dan secara organisasi, Kopdit bisa sehat. Dalam pengantar RAT, Bp. Andreas Budiono, wakil BK3D Pangkalpinang, menyampaikan beberapa hal agar Kopdit bisa sehat, yaitu (1). Managemen, coba untuk ditingkatkan (2). Efisiensi dalam keluar masuk uang (3). Pinjaman Liquiditas (4). Kemandirian (5). Jati diri Kopdit: prinsip-prinsip Kopdit diteguhkan kembali. (6). Pinjaman: pinjaman dengan kesadaran perlu dikembalikan. Tahu hak dan kewajiban.

Dalam RAT Kopdit kali ini, anggota memfokuskan pembahasan pada pendidikan bagi anggota, kredit lalai (macet) dan program Kopdit 2012 untuk menaikan asset. Memang benar, RAT kesempatan untuk anggota "bersekolah". Di dalamnya anggota mengerti laporan, bertanya yang kurang jelas menurutnya, dan mampu untuk masuk dalam sebuah sistem pembelajaran. Dalam pembahasan-pembahasan program, anggota yang hadir cukup teliti untuk bertanya dan memohon penjelasan lebih detail. Bukan hanya itu, anggota pun semakin teliti membahas laporan yang disampaikan para pengurus. Dengan begitu, anggota mempunyai kepeduliaan untuk membangun dan meningkatkan Koperasi Kreditnya sendiri. ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik