KOMUNITAS BASIS STA. THERESIA 1 PAROKI SUNGAILIAT

Wilayah kelompok ini meliputi daerah Sinkai Melintang (Jl. Sam Ratulangi), Air A Haw, Pelabuhan Ikan, Jelitik,  Rambak, dan Teluk Uber. Kelompok ini amat beruntung, di samping menjadi tempat bernaung bagi para donator di paroki ini, juga memiliki banyak fasilitator yang handal. Situasi di dalam kelompok amat bagus, kreatif dan kompak penuh keakraban. Hanya dirasakan terasa amat ekskusif, banyak tenaga yang mampu menjadi anggota koor, fasilitator, tapi masih sebatas untuk kebutuhan kelompoknya sendiri, belum tergerak untuk membantu kepada kelompok lain yang membutuhkan. Situasi kelompok ini, sejak bulan November 2007, mulai pasang surut dalam keterlibatannya baik di kelompok maupun di Paroki. Namun keadaan ini telah dipulihkan sehingga telah memiliki prospek baru untuk merangkul anggota kelompok lain dalam hal kegiatan-kegiatan umum, seperti retret / rekoleksi, dan pertanian kacang kedelai serta pengobatan gratis.

Ketua komunitas bapak Yosef Ardiyanto Totong, seorang guru di Yayasan Budi Mulia, Pangkalpinang. Komunitas Sta. Teheresia 1 memiliki beberapa kegiatan yang lazim dilaksanakan: (1). Misa kelompok setiap bulan pada hari Selasa dalam minggu I. (2). Ibadat tobat, yang rutin dilaksanakan masa adven dan masa prapaskah.  (3). Kegiatan lain Aksi Puasa Pembangunan, Bulan Rosari, Bulan Dana Pestari, Bulinas, Bulan Kitab Suci dan pendalaman iman mingguan yang dilaksanakan pada harri selasa. (4). Pesta Pelindung setiap tahun tanggal 1 Oktober (5). Kegiatan khusus, merupakan kegiatan program tahunan yang disusun oleh komunitas. Kegiatan itu melibatkan umat komunitas atau lintas komunitas.

Berdasarkan sensus Paroki 2011, komunitas ini memiliki 31 Kepala Keluarga, jumlah umatnya 91 jiwa yang terdiri dari 43 laki-laki dan 48 perempuan. Sedangkan sensus berdasarkan pendidikan terlihat di bawah ini:

TINGKAT PENDIDIKAN
JUMLAH UMAT
TK
2
SD
19
SMP
12
SMA
20
PT
16
TBD (=TIDAK BERI DATA)
22

Kemudian jumlah umat berdasarkan umur, dapat diterlihat sebagai berikut:

TINGKATAN UMUR
JUMLAH UMAT
0-10
15
11-20
13
21-30
18
31-40
11
41-50
5
51-60
6
60 > KE ATAS
15
TBD (=TIDAK BERI DATA)
8

Dari data yang ada ini, komunitas Sta. Theresia 1 merupakan komunitas yang kualitas baik menyangkut sumber daya manusia maupun dalam pengembangan sumber ekonomi. Ke depan komunitas ini diharapkan untuk terbuka dengan komunitas-komunitas basis yang lain. ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik