CU KABARI YANG BERBASIS KBG KINI MEMBUKA CABANG DI SUNGAILIAT




Koperasi Kredit Karya Bersama Lestari yang dikenal dengan nama Kopdit Kabari yang berkedudukan di Pangkalpinang merupakan salah satu jaringan CU dan Perkoperasian di Indonesia. Dalam undang - undang Perkoperasian Indonesia Nomor 17 Tahun 2012, pada pasal 82 dan 83 menyebut ada empat jenis koperasi: koperasi konsumen, produsen, jasa dan simpan pinjam. Berdasarkan UU Koperasi tersebut, Credit Union termasuk dalam Koperasi Simpan Pinjam. Kabari lahir pada 15 Februari 1989 dari rahim Bangka dengan awal mula terdiri dari 33 orang di KBG St. Lukas, Jl. Koba Pangkalpinang dengan modal simpanan awal lima ratus rupiah. Awalnya pelayanan perpindah dari satu rumah ke rumah yang lain. Dan sejak 2001 Kabari mendapat lisensi berdiri dengan nomor badan hukum: 001/BH/IX/2001, ungkap Yakobus Widodo, dalam kata sambutannya sebagai ketua Kabari di Sungailiat (5/5/2013).

Kabari kini telah berkembang pesat baik jumlah anggota maupun jumlah asset. Tercatat pada rapat anggota tahun buku 2012, jumlah asset 30-an miliar, jumlah anggota 2125 orang, dan jumlah calon anggota 590 orang serta rutin menjalankan Rapat Anggota (RAT) setiap tahun.

Pertumbuhan Kopdit Kabari begitu pesat karena didukung oleh berbagai produk yang ditawarkan kepada anggota dan calon anggota. Produk Simpanan Saham, simpanan kepemilikan anggota yang terdiri dari simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan investasi aman (simivan). Simpanan saham ini dijamin Daperta atau Daperma. Simpanan ini mempunyai balas jasa simpanan 13%-15%. Simpanan Bunga Harian (Sibuhar) merupakan sebuah simpanan yang bisa disetor dan ditarik setiap saat dengan suku bunga 4%-7%, dan tidak ada potongan administrasi. Simpanan pendidikan (Simpandik), sebuah tabungan yang diperuntukkan putera-puteri anggota yang menyiapkan diri untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Kabari memberi tabungan sipandik dengan bunga 8%-10% dengan besar setoran Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 350.000 tiap bulan.

Selain anggota menabung, anggota yang sudah mendapat pendidikan mempunyai hak meminjam. Kopdit Kabari menawarkan empat jenis pinjaman. Pinjaman umum dengan bunga 1,8 % menurun per bulan dan maksimal meminjam Rp. 100.000.000,- Pinjaman khusus maksimal anggota meminjam 150.000.000,- dengan bunga 2% menurun per bulan. Pinjaman perumahan maksimal meminjam 150.000.000,- dengan bunga 1% flat per bulan. Dan terakhir pinjaman kapitalisasi, dengan bunga 2% menurun per bulan dan maksimal meminjam 10.000.000,- per tahun. Lama jangka waktu pengembalian setiap pinjaman maksimal 5 tahun dan diangsur disetiap bulan. Yang menarik ialah selain anggota mendapat Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibagikan kepada anggota setiap tahun, juga anggota yang meminjam mendapat Balas Jasa Pinjaman (BJP) sebesar 6% dari total bunga yang dibayar peminjam selama setahun.

Kopdit Kabari merupakah satu-satunya Credit Union atau Koperasi di Bangka yang telah membuka kantor cabang di Jl. Jenderal Sudirman No. 236 Kelurahan Parit Padang Sungailiat. Kabari yang pada tahun 2007 mendapat juara sebagai koperasi berprestasi di Indonesia. Dan tahun 2012, menjadi Koperasi unggul di Indonesia. Kini, saatnya kita mau sejahtera, mulailah bergabung dengan Kopdit Kabari baik di Pangkalpinang maupun di Sungailiat.

Ignatius Sumardi, ketua Pra-Puskopdit wilayah Pangkalpinang yang hadir dalam acara pembukaan tempat pelayanan Kabari di Sungailiat mendorong peserta yang hadir untuk masuk Kabari. Karena Kabari, salah satu CU yang berani membuka cabang di Sungailiat. Kehebatan dan kelebihan CU terletak pada pendidikan, swadaya dan solidaritas. Ketiga fondasi CU merupakan bagian pokok yang dialami oleh anggota. Karena itu, tempat pelayanan di Sungailiat bukan hanya sebagai wadah anggota simpan dan pinjam, tetapi menjadi tempat anggota belajar untuk menghidupkan CU, tegas mantan katekis keuskupan Pangkalpinang. ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik