KBG ST. DOMINIKUS SHARING INJIL TUJUH LANGKAH BERSAMA TIM AsIPA PAROKI SUNGAILIAT



Rencana Tim AsIPA Paroki Sungailiat untuk berkumpul bersama anggota KBG St. Dominikus terwujud pada Selasa, 24 September 2013, dari pukul 16.00-17.30 wib.KBG St. Dominikus adalah sebuah wilayah di Paroki Sungailiat yang cukup luas. Wilayah ini terbentang dari Kampung Deniang hingga Kampung Kayu Arang, terletak di sepanjang jalan Sungailiat menuju Kota Belunyu. Wilayah ini terdiri dari tiga kampung yaitu Kampung Deniang, Kampung Cit dan Kampung Kayu Arang. KBG yang dipimpin oleh Don Pedro Efendi ini dihuni oleh 21 Keluarga dengan jumlah anggota umat 63 orang. Di wilayah Kampung Dening ada 10 KK, Kampung Cit ada 6 KK dan Kampung Kayu Arang ada 5 KK. 

Rupanya masih ada lagi yang belum terdaftar di statistik Paroki Sungailiat. Menurut ibu Agnes Mang Sioe Ngian, salah satu anggota KBG yang hadir saat itu, menyampaikan bahwa sebenarnya lebih kurang ada satu atau dua KK yang belum terdaftar. Mungkin terlupakan. Walau demikian, dalam perayaan ekaristi sebulan sekali pada selasa minggu ketiga, satu atau dua keluarga ini sering mengikutinya. Jadi mungkin ke depan akan didaftarkan ulang lagi anggota KBG St. Dominikus supaya jumlah KK dan umatnya diketahui secara pasti.

Sharing Injil 7 Langkah, satu cara yang simpel untuk anggota KBG membaca, merenungkan dan mensharingkan pengalaman Injil dan hidup sehari-hari. Dengan sharing Injil ini kita dibantu untuk terlibat dalam doa dan sharing Injil di KBG. Maka pemimpin yang selama ini ditugaskan memimpin ibadah hanya sebagai fasilitator, pemandu atau pelancar saja. Tidak ada kotbah lagi dalam ibadah. Kotbah hanya saat misa, begitulah isi singkat yang disampaikan Alfons Liwun dalam pengantar memulai Sharing Injil bersama umat KBG St. Dominikus.

Rm. Koko hadir mendampingi Tim AsIPA Paroki
Sharing Injil 7 langkah berjalan lancar. Dilangkah keenam tentang tugas apa yang mau dilaksanakan, umat KBG St. Dominikus sepakat untuk menjalankan Sharing Injil pada selasa kedua dan keempat tiap bulan. “Sharing semacam ini perlu dilakukan terus. Dengan kita melakukan sharing injil, tiap-tiap anggota KBG akan berjumpa terus untuk saling berbagi pengalaman. Dengan begitu, kita akan saling kenal satu sama lain,” ungkap ibu Franses Kabrini Novialy, ibu Alexander Giovanini yang sedang belajar di SMA St. Yosep Pangkalpinang. Lebih lanjut, ibu yang sering disapa Novi ini meminta kepada Tim AsIPA Paroki agar KBG St. Dominikus harus didampingi terus hingga bisa melakukan sendiri Sharing Injil 7 Langkah. Harapan KBG ini disambut baik oleh Tim AsIPA.

Sharing Injil dengan topik Yesus berumur 12 tahun diajak orangtua-Nya merayakan paskah di Yerusalem (Luk.2:41-52), kemudian KBG St. Dominikus memilih Sabda Kehidupan, “pergilah jadikanlah Keluarga Kudus Nazaret menjadi teladan hidup”. Melalui Sabda Kehidupan yang dipilih ini, Romo Bernardus Windyatmo, MSF, Romo yang sering dikenal kartunis di Majalah Hidup dengan nama Romo Koko ini, menegaskan bahwa kita adalah saudara-saudari Yesus. Menjadi saudara-saudari Yesus adalah mereka yang melakukan Sabda-Nya dalam hidup setiap hari. Rupanya Sharing Injil kali ini terhubung dengan bacaan harian pada hari Selasa (2/09/2013).Sharing Injil 7 langkah kemudian ditutup dengan berkat penutup oleh Romo Koko, yang hadir mendampingi Tim AsIPA Paroki Sungailiat. **al**

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik