Siswa-siswi Katolik SMKN 1 dan SMAN1 Sungailiat: Sharing Injil Di Aula Paroki



Kuzuk dalam saat hening

Siang bolong pada hari Jumat (27/2) arakan sepeda motor siswa-siswi SMK Negeri 1 dan SMA Negeri 1 Sungailiat memasuki halaman Aula Gereja Katolik Sungailiat di Jalan Jendral Sudirman. Arakan siswa-siswi itu dikomandani oleh Bpk. Elias Fransiscus Sitinjak, guru PNS agama Katolik di SMKN 1 dan Bpk. Ferdiro, guru PNS agama Katolik di SMAN1 serta guru BP di SMKN1 Bpk. Ignatius Graha  Primayoga. Ketiga komandan ini dikenal sebagai fasilitator Sharing Injil. Kali ini mereka membawa 20-an siswa-siswi ke Aula Paroki untuk mengadakan Sharing Injil bersama. Terlihat siswa-siswi itu masih berseragam sekolah. Rupanya, hari panas di siang itu, tidak mengendorkan semangat mereka.

Mengapa tidak, jika saudara-saudari kita muslim hari Jumat ke Mesjid, maka siswa-siswi Katolik pun kami ajak untuk hari Jumat berkumpul di Aula untuk melaksanakan Sharing Injil, tandas Bpk. Elias Sitinjak. Lanjut Elias, Sharing Injil bukan suatu kegiatan baru bagi siswa-siswi kami, kegiatan yang selama ini kami lakukan di sekolah setiap Jumat setelah pulang sekolah selama ini, mungkin seterus kegiatan ini akan kami lakukan terus di Aula Paroki.

Peserta aktif dalam Sharing Injil
Sharing kali ini berdasarkan pada bahan Aksi Puasa Pembangunan, Minggu pertama dengan bacaan Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Galatia 5: 16-26. Dalam sharing itu, rasanya sangat menarik sekali, karena setiap peserta yang hadir mempunyai kemampuan untuk mengungkapkan ayat-ayat atau kata atau kalimat yang menarik dan menantang dirinya sendiri. Selain dapat memilih kata, kalimat atau ayat singkat, mereka juga mempunyai kesanggupan untuk mensharingkannya. Peserta terlihat ansusias dan dengan lugas mereka mengungkapkan apa yang mereka dengar dari Allah pada saat hening. Dan selanjutnya, mereka pun mengungkapkan aksi nyata secara pribadi yang akan mereka lakukan dalam hidup mereka, didalam keluarga, di sekolah dan di dalam pergaulan mereka setiap hari.

Membuat Rencana Aksi Nyata
Setelah selesai sharing Injil, mereka melepaskan situasi hening dalam doa dengan suasana santai sambil mengobrol dan menikmat pisang goreng dan minuman air mineral Bolesa yang telah mereka persiapkan sendiri sebelumnya. RP. Bernardus Windyatmoko, MSF mengapresiasi kegiatan ini. Rm. Koko, sapaan sehari-hari oleh Umat Paroki Sungailiat, mengungkapkan harapannya kepada para pembimbing siswa-siswi ini bahwa ke depan, bisa dijalankan terus kegiatan ini. Aula Paroki selalu terbuka. Supaya siswa-siswi ini pun akan membantu kegiatan Sharing Injil didalam KBG-KBG masing-masing, paling kurang mereka akan terlibat sebagai fasilitator juga didalam KBG-KBG mereka. Jadikanlah, sharing Injil dan setiap hari Jumat siang menjadi sebuah kebiasaan untuk berkumpul di Aula Paroki, pesan akhir Rm. Koko kepada para pendamping siswa-siswi ini.

Mendengar suara dukungan Rm. Koko, Elias pun tersenyum dan ingin membuat sebuah tekad bahwa akan melanjutkan kegiatan ini dengan mengumpulkan anak-anak Katolik di tingkat SMA-SMK Negeri dan swasta untuk melanjutkan harapan Rm. Koko ini.

Akhirnya, hanya dalam waktu yang berproseslah, tenunan rencana-rencana baik untuk membangun masa depan ‘bangunan Petrus’ ini menuju communio dengan Sang Sabda. Relasi yang baik dan terus dalam proses akan menghasilkan buah yang baik yang berasal dari Roh Kudus. Salam harmoni. ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik