HASIL KERJA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PASTORAL OMK ZAMAN NOW
ANGGOTA
KELOMPOK IV KEGIATAN “LIVE IN”
JADI
MAHASISWA/MAHASISWI SINGKAT:
(1). Sr. Aurelia, DSY
(2). Sr. Jasintha, JMJ (3). Ibu Lusia Wakey
(4). Bpk. Elias Anwar (5). Bpk.
Alfons Liwun
MERANCANG PAKET
KEGIATAN
Nama
Kegiatan : LIVE IN
Waktu : 5-7
JULI 2018
Sasaran : Anak-anak SMA
YPPK Adhi Luhur Nabire-Timika
Tema Umum : MEKAR: CINTA TUHAN,
ALAM DAN SESAMA
(MEKAR: MEMBANGUN KARAKTER)
Tujuan Umum Peserta diajak untuk
mengalami perjuangan hidup bersama:
@. Di dalam keluarga
@. Di Alam
Matriks kegiatan per sesi :
Hari/tanggal
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Tempat
|
Penanggung
Jawab
|
Ket
|
Kamis, 5 Juli 2018
|
|||||
08.00-
09.00
09.00-10.00
10.00-12.00
12,00-13.00
13.00-18.00
18.00-19.00
19.00-20.00
20.00-21.30
21-30-
...
|
Berangkat
dari Sekolah ke tempat Live In
Ceremoni
pembukaan
Menuju
ke rumah keluarga baru
Makan
siang bersama keluarga
Aktivitas
di rumah dan lingkungan bersama umat (bersih-bersih rumah, ke sawah, ke
pasar, ke kebun, dll
Istirahat
dan mandi
Makan
malam
Refeksi malam I
Istirahat,
tidur malam
|
SMA
YPPK Adiluhur Nabire- Timika.
Desa
Wanggar Nabire
Gereja
Santo Fransiskus Asisi
Rumah
keluarga masing-masing
Rumah
keluarga masing-masing
Lokasi
live in
Rumah
keluarga
Rumah
keluarga
Balai
kampung
Rumah
keluarga masing-masing
|
Ibu
Lusia dan
Sr. Jasintha,
JMJ
DPP
dan Panitia Live In
Orang
tua asuh dan panitia lokal
Orang
tua asuh
Orang
tua asuh
Orang
tua asuh
Orang
tua asuh
Panitia
lokal
Orang
tua asuh
|
Sambutan
selamat datang dari Panitia Lokal
Sambutan
serah terima anak dari Panitia Live In (SMA) kepada
Panitia
Lokal & keluarga
§ Agar menerima
situasi apa adanya dari keluarga mereka
§ Supaya mengenal
lingkungan hidup dan pekerjaan hidup mereka.
§ Agar bersyukur atas
apa yang telah diterima selama seharian.
|
|
Jumat, 6 Juli 2018
|
|||||
05.00-06.00
06-00-10.00
10.00-12.30-
12.30-13.30
13,30-
18.00
18.00-19.00
19,00-21.30
21-30-
...
|
Bangun
pagi dan cuci muka, sarapan
Aktivitas
mengikuti orang tua Ke kebun, pasar, sungai, cari kayu bakar, dll
Jelajah
alam
Istirahat
dan makan siang bersama
Belajar
Budaya: Membuat makanan tradisoanal: bakar batu dan papeda
Aktivitas
di rumah keluarga (mandi, dll)
Makan
bersama dan sharing budaya bersama masyarakat
Refleksi Malam II
Istirahat,
tidur malam
|
keluarga
Desa
Wanggar Timika
Sungai:
cari ikan, Proses pembuatan sagu
Rumah
keluarga
Alam
terbuka
Rumah
keluarga
Rumah
adat: Honai
Rumah
keluarga masing-masing
|
Orang
tua
Orang
tua
Panitia
Lokal
Orang
tua
Panitia
lokal
Orang
tua asuh
Orang
tua asuh, Ketua Adat, Panitia Lokal
Orang
tua asuh
|
§ Supaya melihat dan
mengalami sendiri situasi umum masyarakat termasuk budaya.
§ Supaya menerima dan
menghargai budaya setempat sebagai kreasi akal budi dan perasaan manusia
§ Agar menyadari diri
untuk mengembangkan talenta dan bakat yang dimiliki.
|
|
Sabtu, 7 Juli 2018
|
|||||
05.00-06.00
06-00-10.00
10.00-12.30-
12.30-13.30
|
Bangun
pagi dan cuci muka, sarapan
Belajar
Budaya: menari yospan, sajojo dan TARIAN
SUSU
Refleksi III
CEROMONY
PENUTUPAN
Sayonara
dan kembali ke sekolah
|
keluarga
Desa
Wanggar Timika
Gereja
dan aula
Rumah
keluarga, sekolah
|
Orang
tua
Panitia
Lokal
Panitia
lokal
Panitia
lokal dan guru
|
§ Agar menerima dan
menghargai seni yang dimiliki oleh masyarakat setempat
§ Agar menyadari diri
sebagai manusia yang memiliki seni yang perlu ditumbuh kembangkan.
|
PROSES
KEGIATAN HARI PERTAMA
SUBTEMA:
MEMBANGUN KEBERSAMAAN DIDALAM KELUARGA BARU
Persiapan:
@. Laptop
@. Infokus
@. Kitab Suci (KEJADIAN 1: 26-27)
@. Teks Lagu
@. Infokus
@. Kitab Suci (KEJADIAN 1: 26-27)
@. Teks Lagu
A.
PEMBUKA :
1) Lagu
Pembuka : Hari ini Kurasa
Bahagia atau Terima kasih Tuhan
2) Doa : oleh salah
seorang dari Anak-anak SMA
3) Ice
breaking : -
B.
REFLEKSI ATAS PENGALAMAN BERSAMA DI DALAM KELUARGA:
PERTANYAAN
PENDALAMAN:
1) Apa
yang kamu rasa ketika berjumpa dan berkumpul bersama anggota keluarga baru?
2) Pengalaman apa yang paling menyentuh hati atau perasaan
ANDA?
3) Nilai-nilai
apa yang ANDA dapat dari pengalaman seharian bersama keluarga baru?
4) Nilai-nilai
mana yang ANDA rasa perlu untuk dikembangkan selanjutnya didalam hidup ANDA?
MEMBACA TEKS KITAB SUCI: KITAB KEJADIAN
1: 26-27
PENEGASAN/PENEGUHAN:
§ Nilai-nilai
yang didapat:
o
Bersyukur
atas apa yang mereka terima,
o
Terima
apa adanya,
o
Belajar
untuk sabar dan rendah hati,
o
Kebersamaan
dan kekeluargaan.
o
Belajar
untuk menempatkan diri atau menyesuaikan diri dengan keadaan keluarga baru
§ Bahwa
nilai-nilai yang kita terima ini merupakan usaha atau kerja keras kita. Hal
inilah yang membedakan aktivitas kita selama ini yang hanya berada didalam
kelas – sekolah.
§ Setiap
usaha sekecil apapun akan sangat berharga jika itu dilakukan dengan rasa syukur
dan tanggungjawab.
§ Kesaksian
hidup secara nyata yang dialami dalam berbagai kegiatan dan perjumpaan bersama
orang lain dan bersama alam dan budaya semakin menghantar saya untuk mengalami
Tuhan dan sesama.
PENUTUP:
1) Doa
penutup : dari Mazmur 148.
2) Lagu
Penutup : Tingkatkan Karya serta Karsa membangun dunia,
MB No. 533
=***=
PROSES
KEGIATAN HARI KEDUA:
SUBTEMA:
BELAJAR BERSAMA KELUARGA DALAM MEMBANGUN BUDAYA YANG MENGHIDUPKAN
Persiapan:
@. Laptop
@. Infokus
@. Kitab Suci (KEJADIAN 1: 11-12)
@. Teks Lagu
@. Teks Doa: Umat Kristen bersama semua makhluk (LS)
@. Video (BAKAR BATU DAN PROSES PEMBUATAN SAGU)
@. Laptop
@. Infokus
@. Kitab Suci (KEJADIAN 1: 11-12)
@. Teks Lagu
@. Teks Doa: Umat Kristen bersama semua makhluk (LS)
@. Video (BAKAR BATU DAN PROSES PEMBUATAN SAGU)
A.
PEMBUKA :
1) Lagu
Pembuka : Hari ini Kurasa Bahagia atau
Terima kasih Tuhan
2) Doa : oleh Salah
seorang dari Anak-anak SMA
3) Ice
breaking : -
B.
REFLEKSI ATAS PENGALAMAN BERSAMA DI DALAM KELUARGA:
MENYAKSIKAN VIDEO:
PERTANYAAN
PENDALAMAN:
1) Apa
yang ANDA rasakan ketika berjumpa dan berkumpul dengan orang-orang yang
memiliki daya kreasi yang berbeda dari ANDA?
2) Pengalaman apa yang paling menyentuh hati atau perasaan
ANDA?
3) Nilai-nilai
apa yang ANDA dapat dari pengalaman seharian bersama dalam belajar budaya
setempat?
4) Nilai-nilai
mana yang ANDA rasa perlu untuk dikembangkan selanjutnya didalam hidup ANDA?
MEMBACA
KITAB SUCI: KEJADIAN 1: 11-12
PENEGASAN/PENEGUHAN:
§ Nilai-nilai
yang didapat:
o
Kebersamaan-kerjasama-tolong
menolong-saling membantu
o
Menghargai
satu sama lain, menerima budaya setempat sebagai daya kreasi hidup masyarakat
o
§ Bahwa
budaya setempat yang kita terima dari masyarakat merupakan suatu proses
perjalanan yang panjang dan kreatif. Sebagai daya kreasi suatu masyarakat, yang
menggambarkan ciri khas masyarakat itu, itulah yang sebenarnya penjelmaan
talenta yang dimiliki oleh setiap orang dalam masyarakat.
§ Budaya
yang hidup didalam suatu masyarakat, mencerminkan karakter hidup masyarakat
itu. Oleh sebab itu, perlu menerima dan menghargai budaya tersebut, sebagai
bagian dari kebhinekaan. Karena budaya dapat mempersatukan tanpa
membeda-bedakan, sebagai sarana yang mempererat sesama.
§ Untuk
itu, kita patut menyadari dan sekaligus melakukan sesuatu yang baik supaya
sampai kepada semua orang dengan cara mewartakan budaya itu sendiri dengan cara
kita.
C.
PENUTUP:
1)
Doa penutup:
Doa Umat Kristen bersama semua makhluk
Kami memuji Engkau, Ya Bapa,
bersama semua makhluk-Mu,
yang berasal dari tangan-Mu yang kuat.
Mereka adalah milik-Mu,
dipenuhi dengan kehadiran dan cinta-Mu yang lembut.
Terpujilah Engkau!
Putra Allah, Yesus, segala sesuatu diciptakan melalui Engkau.
Engkau dibentuk dalam rahim Maria,
Engkau telah menjadi bagian dari bumi ini,
dan Engkau telah melihat dunia dengan mata manusia.
Sekarang ini Engkau hidup dalam setiap makhluk dengan kemuliaan
kebangkitan-Mu.
Terpujilah Engkau!
Roh Kudus, dengan terang-Mu
Engkau mengarahkan dunia ini kepada kasih Bapa
dan menyambut rintihan segala makhluk;
Engkau juga hidup dalam hati kami
untuk mendorong kami melakukan apa yang baik.
Terpujilah Engkau!
Ya Allah Tritunggal, persekutuan kasih yang agung dan tanpa batas,
ajarkan kami untuk menatap Engkau dalam keindahan alam semesta,
di mana segala sesuatu berbicara tentang Dikau.
Bangkitkan puji dan syukur kami
atas semua makhluk ciptaan-Mu.
Anugerahilah kami
agar dapat merasakan ikatan mendalam dengan semua yang ada.
Allah yang mahakasih, tunjukkan tempat kami di dunia ini
sebagai sarana kasih-Mu
untuk semua makhluk di bumi ini,
karena tiada yang Engkau lupa.
Terangilah para pemegang kekuasaan dan modal
agar mereka menjaga diri
terhadap dosa ketidakpedulian,
mencintai kesejahteraan umum,
memajukan orang lemah,
dan merawat dunia yang kami huni.
Orang-orang miskin bersama bumi memohon:
Ya Tuhan, peganglah kami
dengan kuasa dan terang-Mu
untuk melindungi segenap yang hidup,
untuk menyiapkan masa depan yang lebih baik
untuk mendatangkan Kerajaan-Mu,
Kerajaan keadilan, damai, cinta, dan keindahan.
Terpujilah Engkau!
Amin.
2) Lagu
Penutup : Laudato Si
=***=
PROSES
KEGIATAN HARI KETIGA
SUBTEMA
KE-3: MERAYAKAN KEBERSAMAAN DALAM SENI
Persiapan:
@. Laptop
@. Infokus
@. Kitab Suci (MAZMUR 8: 2-10)
@. Teks Lagu
@. Video (TARIAN SUSU)
@. Laptop
@. Infokus
@. Kitab Suci (MAZMUR 8: 2-10)
@. Teks Lagu
@. Video (TARIAN SUSU)
A.
PEMBUKA :
Lagu Pembuka :
Hari ini Kurasa Bahagia atau Terima kasih Tuhan
Doa :
oleh Salah seorang dari Anak-anak SMA
Ice breaking :
-
B.
REFLEKSI ATAS PENGALAMAN BERSAMA DI DALAM MASYARAKAT:
Pertanyaan
pendalaman:
1)
Apa pendapat ANDA tentang seni yang
ditampilkan atau dirayakan dalam
kebersamaan?
2)
Bagaimana perasaan ANDA ketika meyaksikan
atau merayakan seni
itu?
3)
Nilai-nilai atau manfaat apa saja yang ANDA
dapat dari pentas seni dalam
kebersamaan itu?
4) Bagaimana cara ANDA mewartakan seni itu agar
dapat diketahui dan
dirasakan oleh semua orang?
MEMBACA
TEKS KITAB SUCI: MAZMUR 8: 2-10
§ Nilai-nilai
yang didapat:
o
Seni
itu karya ciptaan dan kreasi masyarakat setempat
o
Seni
itu warisan dari leluhur yang terus menerus dipertahankan dan dilestarikan
o
Seni
itu Membawa kegembiraan-sukacita-persaudaraan dalam keragaman
o
Seni
itu menjadi bagian dari hidup manusia karena didalamnya ada nilai refreshing
atau rekreasi manusia.
§ Bahwa
setiap kita memiliki seni dan kekuatannya yang berbeda-beda. Perbedaan inilah
yang semestinya mendorong kita untuk tetap saling menghargai.
§ Karena
itu seni harus dihargai. Sekaligus menuntut kita untuk mengucapkan rasa syukur
dan tanggungjawab seni yang kita miliki.
§ Seni
yang dimiliki itu indah dan menarik serta mempunyai daya kekuatan spiritual
maka seni itu perlu diwartakan kepada
semua orang yang kita jumpa.
PENUTUP:
1) Doa
penutup : Salah seorang
siswa/i SMA.
2) Lagu
Penutup : Syukur bagimu ya Tuhan, MB No. 488 (1-4)
Komentar