KOMUNITAS BASIS ST. THERESIA II PEMALI PAROKI SUNGAILIAT

Komunitas Sta. Theresia 2 termasuk komunitas inti dalam Stasi Pemali. Stasi Pemali mempunyai sebuah bangunan gereja yang lumayan cantik dengan pelindung ”Sta. Theresia dari Kanak-Kanak Yesus. Umat komunitas Sta. Theresia 2 terdiri dari orang-orang Tiong Hoa dan orang Jawa serta beberapa keluarga suku Batak dan Flores. Komunitas ini memiliki banyak aktivis. Dalam kegiatan komunitas, Theresia 2 cukup baik dan teratur dan sebagian besar aktif. Wilayahnya meliputi Pemali, Air Ruay, Sigambir, dan Air Duren (Pohing).

Berdasarkan data sensus paroki pada akhir tahun 2010 sampai awal 2011, komunitas ini beranggotakan 75 jiwa, dengan 27 kepala keluarga. Jumlah umat yang demikian itu, laki-laki sebanyak 36 jiwa dan 39 jiwa perempuan. Berdasarkan jumlah umat tersebut, dapat terbaca bahwa umat yang berumur 0-10 tahun sebanyak 13 jiwa; 10-20 tahun berjumlah 9 jiwa, 21-30 tahun, 11 jiwa; 31-40 tahun 15 jiwa; 41-50 tahun 6 jiwa dan 51-60 tahun sebanyak 7 jiwa serta 61 tahun keata ada 5 jiwa. Umat yang tidak memberikan data umur sebanyak 9 jiwa.

Dari data yang disensuskan paroki itu, muncul bahwa dari segi pendidikan umat komunitas Sta. Theresia 2 terbanyak mengeyam pendidikan sekolah menengah atas, dengan jumlah 25 orang. Sedang TK hanya 1 jiwa, SD sebanyak 12 jiwa, SMP berjumlah 10 jiwa, PT sebanyak 9 jiwa dan tidak memberikan data pribadi soal pendidikan sebanyak 18 jiwa.

Dalam hal partisipasi umat dalam berbagai kegiatan di stasi maupun komunitas komunitas ini terlihat cukup bagus. Umat bukan hanya terlibat pada waktu misa komunitas tetapi juga dalam kegiatan pendalaman iman mingguan dalam komunitas yang telah dijadwalkan.

Kegiatan rutin komunitas Sta. Theresia 2 terdiri dari (1). Misa bulanan komunitas setiap hari Selasa III dalam bulan, jam. 18.00. (2). Ibadat tobat umum di komunitas pada masa adven dan prapaskah sedangkan pengakuan dosa secara pribadi terjadi di gereja stasi 30 menit sebelum misa minggu pagi jam 08.00. (3). Ibadat kelompok yang lain yaitu pendalaman iman di komunitas setiap minggu hari selasa, jam 18.00. (4). Pesta pelindung komunitas yang dilaksanakan setiap tahun tanggal 1 Oktober, pesta Sta. Theresia dari Kanak-Kanak Yesus. (5). Program rutin lain dapat dilihat dalam program tahunan komunitas. 

Satu harapan untuk komunitas ini, supaya setelah Sinode 2 Keuskupan Pangkalpinang, komunitas ini dapat dimekarkan menjadi dua komunitas. ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik