KOMUNITAS BASIS ST. THOMAS AQUINO – CHOI HIN PAROKI SUNGAILIAT

Komunitas Basis yang berpelindungkan St. Thomas Aquino ini meliputi wilayah dusun Choi Hin, Merawang, Rebo, dan Si Hin. Sebagian besar anggota komunitas ini adalah saudara kita dari suku Tiong Hoa, satu keluarga dari Jawa dan beberapa keluarga dari Flores. Pekerjaaan rata-rata buruh (TI, pelabuhan, petani, peternak, dll). Komunitas ini anggota kebanyakkan perempuan. Selama ini seluruh kegiatan kelompok diprakarsai oleh Bapak Agus Suratidjo, seorang guru SD di SD Negeri 17 Tanjung Ratu. Kesulitan yang dialami kelompok ini selain pekerjaan yang memakan waktu hingga malam dan bahkan kerjanya sampai pada hari Minggu, juga karena wilayahnya terlalu luas dan jarak tempat tinggal yang berjauhan  satu dengan yang lain.


Komunitas St. Thomas Aquino hingga saat ini diketuai oleh bapak Agus Suratidjo. Beliau seorang guru SD di Tanjung Ratu. Sensus Paroki mencatat, komunitas St. Thomas mempunyai 22 kepala keluarga, dengan jumlah anggota anak-anak sampai dewasa sebanyak 40 jiwa yang terdiri dari 20 laki-laki dan 20 perempuan. Dari jumlah umat yang tinggal di komunitas St. Thomas itu, 19 jiwa menamatkan sekolah dasar, 4 jiwa SMP, 7 jiwa SMP dan PT sebanyak 3 jiwa; sedang 7 jiwa tidak memberikan data pribadinya.

Keterlibatan umat dalam berbagai kegiatan komunitas, paling banyak yaitu mengikuti perayaan ekaristi bulanan. Sedangkan kegiatan yang lain sangat sulit karena jarak tempat tinggal lumayan jauh dan juga karena wilayah ini sangat luas. Dari segi umur kita bisa membaca bahwa orang-orang yang terlibat dalam kegiatan komunitas berkisar umur 31-50 tahun yaitu 17 jiwa. Sedangkan umur 50 ke atas hanya 7 orang dan umur remaja hanya 2 orang.

Komunitas St. Thomas Aquino memiliki kegiatan rutin antara lain: (1). Misa komunitas yang dilaksanakan pada Minggu IV dalam bulan (2). Ibadat Tobat  pada adven dan Prapaskah, sedang tobat mingguan dapat dilaksanakan di gereja paroki (3). Ibadat lain, sesuai dengan bahan dari paroki (APP, Bulan Rosari, Bulinas, PDPL, Bulan Kibab Suci, Bulan Maria, Adven dll) (4). Pesta Pelindung, 28 Januari setiap tahun (5). Program khusus, dapat dilihat dalam program tahunan komunitas. (*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik