KOMUNITAS BASIS GEREJANI ST. DOMINIKUS DENIANG PAROKI SUNGAILIAT

Sampai dengan Desember 2007, komunitas ini dipimpin oleh seorang guru SD, Bapak Agustinus Wuriyanto. Setelah itu tampuk pimpinan diganti oleh bapak Vincentius Edie Amuk, sampai dengan 21/2/2008. Kemudian sejak Mei 2008 sampai dengan saat ini, KBG yang berjarak lebih kurang 20-an kilometer dari paroki pusat ini diganti lagi oleh bapak Petrus Don Pedro. Seorang MC yang bagus dan cukup cekatan dalam setiap kegiatan yang direncanakan bersama.

Mgr. Hilarius bersama umat KBG St. Dominikus (februari 2008)
Berdasarkan sensus umat yang dilaksnakan pada akhir 2010 sampai awal 2011, komunitas St. Dominikus mempunyai 21 Kepala Keluarga; dengan jumlah anggota umat Katolik sebanyak 64 jiwa yaitu 30 laki-laki dan 34 perempuan. Dari jumlah ini, dapat diklasifikasikan bahwa umur sekolah mulai dari TK atau Play Gorup, berjumlah 6 jiwa, SD: 17 jiwa, SMP: 11 jiwa, SMA: 17 jiwa dan PT: 1 jiwa. Lebih kurang 12 jiwa tidak mau memberikan data soal pendidikan yang dijalankannya.

Keterlibatan umat dalam kegiatan komunitas ini, masih sebatas misa komunitas. Kegiatan lain belum banyak. Kendalanya jarak antar tempat tinggal umat lumayan jauh. Selain itu, kita boleh memahaminya dari sisi umur umat yang menetap di komunitas ini. Dari sisi umur, umat Komunitas St. Dominikus berkisar 61 ke atas sebanyak 10 jiwa, 51-60 tahun berjumlah 11 jiwa, umur 41-50 tahun sebanyak 8 jiwa, 31-40 tahun berjumlah 8 jiwa, 21-30 tahun, 7 jiwa; 10-20 tahun, 10 jiwa dan 0-10 tahun, 6 jiwa. Maka diprediksikan partisipasi umat untuk kegiatan misa, pendalaman iman umat dan kegiatan lain-lain berkisar umur 31-50 tahun. Sedang umur muda dan tua jarang mengikuti kegiatan komunitas.

Jadwal rutin kegiatan rutin komunitas ini adalah (1). Misa Minggu I dalam bulan, (2). Ibadat tobat yaitu adven dan pra paskah, sedangkan setiap minggu boleh hanya dilaksanakan di gereja paroki. (3). Ibadat lain, sesuai dengan bahan dari paroki (APP, Bulan Maria, Bulinas, PDPL, Bulan Kitab Suci,dll) (4). Pesta Pelindung, setiap tahun tanggal 8 Agustus. (5). Kegiatan khusus           lain dapat dilihat dalam program tahunan komunitas.

Komunitas basis ini memiliki wilayah paling luas di paroki ini. Wilayahnya meliputi Simpang Bedukang, Deniang, Kayu Arang sampai Mapur. Sedangkan situasi umat, sebagian besar adalah umat sederhana yang saling berjauhan antara yang satu dengan yang lainnya. Ketika ketua kelompok masih dipimpin oleh almahrum bapak Agus Wuriyanto,  kelompok ini cukup aktif dan tekun baik dalam rutinitas pertemuan umat maupun dalam perayaan ekaristi. Semangat ini pun tidak pudar ketika ketua kelompok digantikan oleh Bpk. Vincentius Eddy (Ko Amuk) dan sekarang Bpk. Don Pedrosa. (*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik