GEREJA MELAKSANAKAN MISI PENGAMPUNAN DAN PENYEMBUHAN BAGI ORANG-ORANG BERDOSA (2)


Persiapan:
§  Fasilitator wajib mengikuti studi modul yang dipimpin oleh Pastor Paroki sebagai Koordinator Fasilitator maupun sebagai Koordinator PIPA Paroki.
§  Fasilitator mempersiapkan diri untuk pertemuan pendalaman iman umat ini, yakni :
-  Kitab Suci dan Puji Syukur
-  Modul Pertemuan yang didukung oleh gagasan dasarnya.
-  Teks Doa Mohon Penyertaan Yesus Kristus Bagi Umat Keuskupan Pangkalpinang (Tahun 2019: Keberpusatan pada Kristus).

Tujuan:
§  Supaya Umat Allah Keuskupan Pangkalpinang semakin mengenal pribadi Yesus yang memberikan kuasa pengampunan dan penyembuhan kepada orang-orang yang dicintai-Nya.
§  Supaya Umat Allah Keuskupan Pangkalpinang selalu membangun relasi yang erat dengan Yesus sebagai sarana menimbah anugerah Allah.
§  Supaya Umat Allah Keuskupan Pangkalpinang meneruskan misi pengampunan dan penyembuhan kepada orang-orang berdosa melalui tindakan nyata.

A.  PENGANTAR

F    Bapak-ibu, saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus!
Pertemuan pendalaman minggu yang lalu, kita telah membahas dan mendalami tema Yesus Kristus, Sang Pengampun dan Penyubuh bagi orang-orang berdosa. Melalui pertemuan ini, kita tentu tidak berharap hanya pada pendalaman dan diskusi aksi nyata saja. Tentu sangat diharapkan ialah melakukan cara hidup Yesus itu untuk sesama di sekitar kita.
Pertemuan terakhir dari Bulan Mei ini, kita diajak untuk mendalami tentang Gereja melaksanakan misi pengampunan dan penyembuhan bagi orang-orang berdosa. Tentu saja, Gereja melaksanakan kuasa yang diterimanya dari Kristus ini untuk umat kesayangannya. Maka pertemuan kita malam hari ini bertujuan:
§  Supaya kita semakin mengenal pribadi Yesus yang memberikan kuasa pengampunan dan penyembuhan kepada orang-orang yang dicintai-Nya.
§  Supaya kita selalu membangun relasi yang erat dengan Yesus sebagai sarana menimbah anugerah Allah.
§  Supaya kita meneruskan misi pengampunan dan penyembuhan kepada orang-orang berdosa melalui tindakan nyata kita.

Mari, kita membuka pertemuan pendalaman iman kita ini,  dengan menyanyikan sebuah lagu pembuka dari ..... PS. No. ......

PENGHORMATAN KEPADA SABDA ALLAH

F   Mari, kita berdiri untuk memberikan penghormatan kepada Kristus, Sang Sabda yang hadir di tengah-tengah kita. (semua anggota KBG memberikan hormat dengan menundukkan kepala).

B.   LANGKAH-LANGKAH PENDALAMAN IMAN:

1.    DOA MENGUNDANG TUHAN

F   Saya persilahkan salah seorang dari kita mengundang Tuhan dalam doa pembuka. Sekali lagi, saya persilakan!

2.    KODE

F    Saya persilahkan kita memperhatikan dua buah gambar berikut keterangan singkat yang ada di bawah gambar tersebut. Mohon salah seorang diantara kita membacakan keterangan tersebut  dengan suara yang lantang dan perlahan-lahan agar semua kita dapat mendengarnya!



Pertanyaan pendalaman
a.    Apa yang sedang terjadi dalam kedua gambar diatas ini?
b.    Bagaimana dengan pengalaman dalam gambar di atas ini, apakah ada juga dalam KBG kita?

TAMBAHAN:
a.    Yesus memberi kepada para rasul kuasa-Nya sendiri untuk mengampuni dosa, Ia juga memberi kepada mereka otoritas untuk mendamaikan para pendosa dengan Gereja (KGK 1444).
b.    Akibat dari kuburan dosa kita, dapat memisahkan kita dari Tuhan dan Komunitas Kristiani. Walau demikian, setelah kita menerima pengampunan-penyembuhan, kita akan disatukan kembali dengan keduanya: dengan Tuhan dan dengan Komunitas Kristiani.
c.     Akibat dari kuburan dosa kita telah menghalangi kita menerima komuni kudus bersama-sama dengan saudara-saudari kita. Meskipun demikian, pengampunan dan penyembuhan dalam Sakramen Pengakuan telah membawa kita kembali lagi kepada Tuhan dan kepada saudara-saudari kita.
d.    Meskipun kita tidak meninggalkan jalan Kristus dengan melakukan dosa yang besar, namun peran pengampunan dan penyembuhan dalam Sakramen Pengakuan menarik kita untuk mendekati Allah. Dengan cara mengakukan dosa-dosa kita, kita menyerahkan diri kita sendiri kepada Allah dan membaharui cinta kita kepada-Nya.

3.    Mendalami Teks Kitab Suci:
-  Bentuk tiga  kelompok.
-  Setiap kelompok membaca dan mendalami teks-teks Kitab Suci
-  Teks Kitab Suci dan pertanyaannya.
-  Plenokan.

Teks Kitab Suci dan Kelompok diskusi:
§  Kelompok I mendalami teks Kitab Suci, Injil Matius 6: 14-15.
Pertanyaan untuk Kelompok I:
-  Bagaimana caranya supaya pengampunan dan penyembuhan menjadi bermakna?
§  Kelompok II mendalami teks Kitab Suci, Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Kolose 3: 12-13.
Pertanyaan untuk Kelompok I:
-  Apa tuntutan seseorang yang dicintai Tuhan yang mampu memberikan pengampunan dan penyembuhan bagi orang-orang berdosa?
§  Kelompok III mendalami teks Kitab Suci, Injil Matius 16: 18-19.
Pertanyaan untuk Kelompok I:
-  Mengapa Yesus mau meneruskan misi pengampunan dan penyembuhan kepada para rasul-Nya?

PENEGASAN:
a. Tugas Gerejawi dari pengampunan dan penyembuhan bagi orang-orang berdosa, terutama dalam perkataan yang istimewa Kristus kepada Simon Petrus: "Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan surga; apa yang kau ikat di dunia ini akan terikat di surga, dan apa yang kau lepaskan di dunia ini akan terlepas di surga" (Mat. 16:19). Jelaslah, bahwa "tugas mengikat dan melepaskan, yang diserahkan kepada Petrus, ternyata diberikan juga kepada Dewan para Rasul (Uskup di Gereja Lokal) dalam persekutuan dengan kepalanya" (KGK 1444). Tugas ini kemudian dilanjutkan para uskup kepada para imamnya, berkat Sakramen Imamat.
b.    Kata-kata mengikat dan melepaskan, memiliki makna bahwa siapa pun yang akan kamu kucilkan dari persekutuan, maka Allah pun akan mengucilkannya dari persekutuan dengan diriNya; siapa pun yang akan kamu terima kembali dalam persekutuanmu, maka Allah pun akan menerima-Nya kembali dalam persekutuan dengan diri-Nya. Perdamaian dengan Gereja tidak dapat dipisahkan dari perdamaian dengan Allah.
c. Kualitas seseorang yang dicintai Tuhan untuk memberikan pengampunan dan penyembuhan adalah orang-orang yang memiliki sikap belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran. Karena didalam diri orang yang memiliki tuntutan demikian ini, Kristus hidup didalamnya.

4.    AKSI NYATA
F       Bapak-ibu, saudara-saudari yang terkasih. Mari, kita mengevaluasi pelaksanaan modul Bulan April 2019. Dan baru kemudian, kita merencanakan Aksi Nyata untuk Bulan Mei  2019 …..
a.    Evaluasi Pelaksanaan & Aksi Nyata Modul Bulan April 2019
-  Siapakah Yesus yang kita temukan dalam Pertemuan pertama Modul PIU Bulan April 2019?
-  Apa tujuan yang kita temukan dalam Pertemuan Kedua Modul PIU Bulan Maret 2019?
-  Bagaimana Aksi Nyata yang dilakukan KBG untuk kedua Pertemuan Bulan April tersebut?

b.   Petunjuk Teknis Evaluasi :
-  Mohon diisi lembaran evaluasi pelaksanaan modul pada halaman belakang modul ini.
-  Setelah diisi, pengurus KBG-KBG / fasilitator yang bersangkutan mengirimkan hasil evaluasi dengan memphoto lembaran evaluasi kemudian kirim ke WA PIPA Keuskupan: 085264560979 (RD. Marsel Gabriel) dan 0852-64063801 (Alfons Liwun)

c.      Aksi Nyata untuk pendalaman iman modul ini: 
-  Apa yang harus keluarga lakukan agar rahmat pengampunan dan penyembuhan dari Kristus dapat dirasakan atau dialami oleh anggota keluarga?
-  Apa yang harus KBG lakukan agar rahmat pengampunan dan penyembuhan dari Kristus dapat dirasakan dan dialami oleh anggota KBG?

5.       DOA SPONTAN :
F    Bapak-ibu, saudara-saudari yang terkasih. Mari kita sampaikan doa-doa pujian, ucapan syukur ataupun permohonan secara spontan kepada Tuhan kita Yesus Kristus, karena Dia adalah Allah, Dialah yang menawarkan Kerajaan-Nya kepada kita umat-Nya :
a.    ........................................................................................................
b.    ........................................................................................................
c.    .......................................................................................................

Kita lanjutkan dengan Doa Tahun Keberpusatan kepada Kristus, dan kita satukan dengan Doa Bapa kami!

Mari, kita tutup pertemuan kita dengan menyanyikan lagu: Berpusat pada Kristus!
=***=

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi pribadi atas Tulisan Bambang Harsono tentang doa Singkat THS-THM

AsIPA-PIPA dan KBG-SHARING INJIL

Tinjauan Komunitas Basis Gerejawi Menurut Dokumen Resmi Gereja Katolik